Eksibisi PON Esports

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu di Patch Baru Mobile Legends 1.6.18

Billy Rifki
22/09/2021 13:02 WIB
5 Hal yang Perlu Kamu Tahu di Patch Baru Mobile Legends 1.6.18
Mobile Legends

Mobile Legends kedatangan patch baru 1.6.18 pada 20 September kemarin. Perubahan yang hadir cukup besar dan berpotensi mengubah meta. Selain kedatangan hero baru bernama Floryn, Moonton juga ingin mengembalikan peran marksman sebagai pengisi utama di jalur goldlane.

Rumor tren meta tank jungler juga benar adanya dengan buff dari item jungling yang mengistimewakan hero berdarah tebal. Kalau sobat Esports bingung ada apa saja hal penting yang terjadi di patch 1.6.18, Esports.ID akan pilihkan 5 hal yang perlu kamu tahu agar cepat adaptasi di update terbaru Mobile Legends!

Yamisok Nobar

- DAMAGE TAMBAHAN UNTUK JUNGLER BERDARAH TEBAL

Pasif dari equipment jungle yaitu Hunter kini punya efek baru. Damage sebelumnya berubah dari 50+5*level menjadi 4*level + 4% max HP hero. Selain itu, ada tambahan 100% damage untuk hero non-marksman.

Artinya, jungler di meta sebelumnya masih ideal digunakan jadi core utama semisal X Borg, Sun dan para assassin macam Ling dan Lancelot. Namun, pemain bakal lebih untung bila menggunakan tank jungler seperti Barats, Esmeralda, Uranus bahkan Hylos.

- MARKSMAN MASIH BISA JADI JUNGLER

Dengan perubahan pada item jungle tersebut, apakah MM tak bisa lagi jadi jungler? Tidak juga. Ada beberapa MM yang punya kemampuan hybrid seperti Yi Sun-shin dan Roger. Granger juga dipertahankan oleh Mobile Legends sebagai jungler berkat tambahan 90 damage untuk monster hutan di skill 1-nya.

Ketiga hero ini bisa dipastikan jadi alternatif jungler favorit bagi pemain yang enggan menggunakan jungler tank atau assassin.

- MINION LANE JADI LEBIH KUAT

Meskipun Mobile Legends ingin mengembalikan marksman ke goldlane, namun user MM wajib berhati-hati di fase laning. Para prajurit creep umum mengalami penambahan HP dan pertumbuhan HP yang lebih tinggi dari patch sebelumnya.

Ini memungkinkan musuh yang menggunakan hero laner kuat melakukan zoning lebih baik kepada MM agar mereka kesulitan mengeliminasi minion tersebut. Namun, hal ini dikompensasi oleh Moonton dengan buff jarak serang yang diberikan kepada beberapa MM favorit.

- REVAMP HERO-HERO POPULER

Di patch 1.6.18 juga ada revamp untuk hero populer seperti Hayabusa, Lancelot, Kagura dan Odette. Secara garis besar, revamp ini tak terlalu drastis dan malah menguntungkan untuk pemain yang baru ingin mencoba menguasai keempat hero ini.

Untuk pemain lama pun harusnya revamp ini tak membuat keahlian mereka memudar. Misalnya, Odette sekarang melompat dahulu sebelum melepas ultimatenya. Artinya, ia tak memerlukan flicker untuk inisiasi dan memungkinkan untuk berpindah tempat dua kali.

Ultimate Hayabusa sebelumnya juga punya prioritas serangan yang cukup random. Namun, di patch baru ini, Haya akan memprioritaskan target yang punya Shadow Mark ketimbang menghajar musuh asal-asalan.

- BEBERAPA FIGHTER TERKENA NERF

Fighter-fighter meta di patch sebelumnya dinilai terlalu kuat dan tak punya saingan. Sulit juga bagi hero lain mengalahkan mereka dengan potensi kekuatan yang masih tinggi. Oleh karena itu, Paquito, Yu Zhong dan Phoveus mendapatkan nerf yang bisa berdampak pada gameplay dan kecenderungan pemain memilih mereka di Land of Dawn.

Namun, mengingat skill unik yang tiga hero ini miliki, rasanya nerf belum cukup untuk membuang mereka dari hero fighter terpopuler di meta saat ini.

Itu dia beberapa hal yang wajib kamu tahu di patch baru Mobile Legends 1.6.18. Bagaimana tanggapanmu soal patch kali ini?