Infografis Mobile Esports Terpopuler: Mobile Legends Raja SEA

Billy Rifki
03/11/2021 23:48 WIB
Infografis Mobile Esports Terpopuler: Mobile Legends Raja SEA
Escharts.com

Esports charts baru merilisi statistik geografis penyebaran game esports mobile terpopuler di seluruh dunia. Informasi popularitas didasarkan pada jumlah hours watch atau jam tayang dari berbagai turnamen atau tontonan yang terjadi di seluruh penjuru dunia.

Popularitas mobile games sendiri sangat pesat di wilayah Asia termasuk Asia Tenggara. Di region ini, Mobile Legends jadi raja game mobile esports terpopuler melempaui title besar lain seperti Free Fire dan PUBG Mobile.

Dari gambar di atas bisa dilihat zona biru yang memenuhi wilayah Asia Tenggara terutama di Indonesia, Filipina, Kamboja dan Myanmar. Ini berarti tingkat popularitas Mobile Legends mengungguli game esports lain.

Meski ada beberapa negara seperti Singapura dan Malaysia yang perkembangan MLBB cukup tinggi, namun dominasi PUBG Mobile lebih besar di sana. Di wilayah SEA lain, Arena of Valor masih punya peminat besar di Thailand dan Vietnam.

Mobile Legends berupaya meluaskan ekspansinya ke Timur Tengah, Rusia dan Amerika Utara dengan membuat undangan resmi untuk M World Series seri ketiga alias M3. Sayangnya, Jepang tampaknya tak lagi dapat kesempatan mengikuti M3 meski sudah ikut M World Series 2 kali karena tak ada proses kualifikasi atau undangan seperti yang diungkap salah satu pro player MLBB di sana, Obuyan dari tim 10S.

Terlepas dari itu semua, data ini membuktikan masifnya pengaruh Mobile Legends di SEA. Bukan tak mungkin dengan berbagai strategi pemasaran dan ekspansi yang dilakukan MLBB, game ini bisa menguasai seluruh SEA dan juga dunia.