Yin, Si Hero 1v1 Baru MLBB yang Banyak Counter-nya

Billy Rifki
19/01/2022 09:51 WIB
Yin, Si Hero 1v1 Baru MLBB yang Banyak Counter-nya
esports.id, Mobile Legends

Bersamaan dengan patch baru 1.6.50, Mobile Legends menghadirkan hero baru yakni Yin. Yin sudah bisa kalian gunakan di original server sejak 17 Januari lalu. Yin masuk dalam kategori fighter dan punya skill ultimate unik bernama "Giliran Saya/My Turn" yang menciptakan arena 1v1.

Sekilas, banyak yang menganggap Yin adalah hero adu mekanik paling mutakhir. Kenyataannya, hero satu ini punya banyak counter ketika mengurung musuh dalam ultimatenya. Sebelum kalian pakai dan kecewa dengan kemampuan Yin, kita bahas dulu apa saja yang membuat Yin bisa jadi pedang bermata dua untuk kalian.

- MUSUH BISA MENGHINDARI JURUS YIN DALAM ARENA

Terjebak dalam ultimate Yin tak selalu berarti kematian. Ketika kalian terperangkap, usahakan menghindari skill Yin setidaknya satu dari dua kombo skillnya. Dalam arena tersebut, kalian bisa mengulur waktu sampai durasi ultimate Yin habis yang memakan waktu 8 detik.

Kalau hero kalian lembek, sebaiknya jangan gegabah beradu pukul dengan Yin dan fokus untuk berlari menghindari kejaran Yin. Pergerakan Yin terasa lambat saat berubah menjadi Lieh dan kamu pasti bisa menjauhi hit boxnya yang cenderung sempit. Mode Lieh Yin juga tidak immune dari crowd control, jadi kamu bisa stun/slow dia dan menjauh sampai kembali ke Land of Dawn.

- ULTIMATE YIN MENGUNTUNGKAN UNTU BANYAK HERO

Saat memakai Yin, sebaiknya kalian tidak nafsu untuk menantang adu mekanik musuh. Usahakan pilih-pilih lawan yang paling mudah untuk dihajar ketimbang menjebak hero yang juga untung di situasi satu lawan satu.

Misalnya, Yin bakal jadi bulan-bulanan kalau mengurung Fanny. Dinding ultimatenya ibarat tembok yang membuat Fanny bisa bermanuver bebas dalam arena. Yin juga kesulitan adu pukul melawan Badang, Paquito, Gloo bahkan Edith saat ada dalam ultimatenya. Atau mau coba dikeroyok Sun? Atau lebih suka sabet-sabetan dengan Argus? Semuanya lawan yang sulit untuk Yin

Dalam ultimate Yin, sejatinya Yin dan sang target pilihan sama-sama terjebak didalamnya. Dengan banyaknya hero fighter dan assasin yang justru untung dalam situasi 1v1, keunikan Yin malah jadi tak berguna.

Tak menutup kemungkinan, Yin malah bunuh diri kalau menangkap hero seperti Eudora, Aurora dan Vale yang bisa burst lawan dengan mudah.

- ITEM IDEAL YIN

Sebagai fighter yang dilabeli sebagai hero adu mekanik, tentu mayoritas pemain ingin membuat damage agar Yin jadi sakti dalam arena. Beberapa item standar untuk Yin adalah kombo War Axe dan Bloodlust Axe, sama seperti Yu Zhong, Paquito atau Axe.

Sejujurnya, kedua item ini tak begitu terasa dampaknya karenya Yin cuma punya dua skill yang cuma bisa dipakai sekali saat ultimate. Basic attack Yin juga tak istimewa kecuali untuk beberapa pukulan finishing saja.

Alternatif item yang bisa kalian coba adalah membuat build tank untuk Yin. Alih-alih membuat damage kalian sakit, kamu bisa coba Yin yang sustain untuk memastikan darah musuh akan habis lebih banyak ketimbang kamu saat dikurung ultimate.

Beberapa item yang bisa kamu pakai adalah Blade Armor untuk melawan MM atau assasin dan Cursed Helmet saat mengurung lawan yang berdarah tebal. Kalau pun ingin punya item damage, sebaiknya pilih satu atau maksimal dua saja antara Blade of Despair, Malefic Roar, War Axe atau Endless Battle.

Itu dia beberapa serba-serbi Yin yang ternyata tidak seunik yang kalian kira. Banyak hero yang bisa mengeksploitasi jurusnya jadi kamu harus bisa mengkalkulasi damage dan lawan mana yang bisa di by one dengan mudah. Jangan sampai deh lagi ngurung musuh malah kita yang mati.

Apa pendapat kalian tentang Yin?