5 Trik & Tips Pakai Yin, Ngga Ada Kata Kalah By One!

Billy Rifki
14/02/2022 13:36 WIB
5 Trik & Tips Pakai Yin, Ngga Ada Kata Kalah By One!
esports.id

Yin adalah hero fighter terbaru Mobile Legends. Saat pertama muncul di advanced server, antusias publik cukup positif melihat hero dengan kemampuan "by one" satu ini. Sayangnya, beberapa hari rilis di original server, Yin malah jadi badut karena banyak hero yang bisa meng-counter ultimate arena bernama "Giliran Saya"

Ternyata, fighter satu ini bukan exp laner yang handal. Ada trik jitu membuat Yin jadi kuat bahkan tidak ter-counter lagi oleh musuh macam Paquito, Edith, Fanny, Lancelot, Aamon, Karina dan lain-lain. Seperti apa sih cara main Yin yang benar? Berikut Esports.ID bagikan 5 trik & tips pakai Yin biar kamu ngga kalah by one!

-PENGENALAN SKILL YIN

SKILL PASIF: Leave it to me

Yin memberikan 120% tambahan damage ketika ada hero satu tim dalam jarak 4 yard disekitarnya. 

Pasif ini menjadi bonus buff bagi Yin ketika dalam mode ultimate ataupun tidak. Berada dekat dengan tim membuat damagenya semakin besar apalagi saat ia berubah status menjadi Lieh. Walaupun rekan kalian tak bisa membantu saat Yin "nge-ulti", tapi buff ini cukup berguna meningkatkan efektifitas Yin mengeliminasi mangsa.

SKILL 1: Charged Punch/ Frenzy Strike (Mode Ulti)

Yin memperoleh 60% movement speed. Saat memukul target, Yin meluncurkan basic attack yang diperkuat. Efek basic attack Yin memberikan splash ke arah belakang musuh dengan damage yang lebih besar. Berhasil melemparkan pukulan ini mengurangi cooldown skill sebanyak 35%.

Ini adalah skill utama Yin untuk farming, clear wave dan menghajar musuh. Manfaatkan cipratan damage charged punch untuk mempercepat farming kalian di jungle ataupun menginisiasi serangan ke lawan.

Frenzy Strike membuat Yin memukul tanah sebanyak 10 kali, menghasilkan gelombang energi yang memberikan damage kepada musuh di depan Yin. Musuh yang terkena serangan Frenzy Strike terkena efek slow sementara hantaman Yin semakin cepat.

Di penggunaan skill Frenzy Strike pertama, Yin mengarahkan skill ini ke lawan secara otomatis. Di separih serangan kedua, Yin bisa membatalkan serangan ini dan menggunakan skill lain. Dalam mode ini, Yin atau Lieh jadi immune terhadap crowd control.

SKILL 2: Instant Blast

Yin melakukan dash ke depan, meninggalkan cincin dibelakang yang akan mengikuti Yin setelah jeda singkat. Cincin memberikan damage dan efek stun 1 detik. Bila hero musuh terkena stun cincin ini, Yin mendapat damage reduction sebesar 25% selama 4 detik.

Skill ini bisa digunakan untuk kabur dan tentu inisiasi. Skill 2 dan skill 1 harus kalian kombo untuk damage maksimal.

SKILL ULTIMATE: Giliran Saya

Yin membawa satu musuh target ke dalam domainnya, arena bertarung satu lawan satu selama 8 detik dan berubah menjadi Lieh. Physical dan magic defense Lieh meningkat sebanyak 20 di mode ini.

Sukses mengeliminasi lawan memulihkan 20% maksimum HP Yin dan tambahan durasi 8 detik bertarung sebagai Lieh.

Banyak pemain yang salah menggunakan skill ini karena belum mengerti kombo skill yang benar. Kebanyakan, musuh akan berlari menjauhi Yin atau malah melawan balik karena Yin kehabisan skill untuk digunakan.

TIPS 1: ROLE TERBAIK YIN

Jangan gunakan Yin sebagai laner, baik itu di gold atau di exp. Yin kekurangan damage dan durabilitas di early game yang membuatnya jadi lawan mudah bagi hero lain di sidelane. Posisi terbaik Yin adalah jungler, karena Yin bisa farming dengan bebas dan memanfaatkan kedua skill inisiasinya untuk melakukan rotasi secara tiba-tiba.

Efek damage retribution juga penting meningkatkan damage Yin. Bloody Retribution adalah prioritas efek retri terbaik untuk Yin karena menyerap 12,5% HP musuh selama 5 detik.

TIPS 2: CARA KOMBO YIN YANG BENAR

Ketika ingin inisiasi, gunakan skill 1 lebih dulu lalu pencet basic attack untuk menyerang musuh. Saat Yin dan target berdekatan, gunakan skill 2 melewati musuh agar cincin tersebut mengenai lawan.

Aktifkan ultimate segera dan mulai kombo dalam mode Lieh dengan memakai skill 2 dulu. Ini akan membuat lawan terkena stun dan kamu bisa melanjutkan serangan dengan Frenzy Strike.

Dengan begini, damage yang masuk ke musuh akan lebih banyak meskipun belum tentu lawan langsung mati. Kalian bisa pastikan musuh terbunuh dengan mengaktifkan Retribution lalu pukul bila musuh berlarian.

Begini rentetan cara melakukan kombo Yin:

Skill 1 - Basic attack - Skill 2 - Ultimate - Skill 2 - Skill 1

TIPS 3: SIMPAN RETRIBUTION UNTUK MEMBUNUH MUSUH

Retribution untuk Yin jungle berfungsi sebagai pengganti execute. Retribution memberikan 100 true damage kepada lawan beserta efek-efek unik tergantung retribution yang kamu pilih. Karena kemampuan farming Yin cukup cepat, sejatinya ia tak perlu memakai retri di jungle kecuali keadaan mendesak.

Pastikan juga kamu tidak sembarangan melakukan turtle atau Lord apabila retributionmu sudah terpakai. 

TIPS 4: MAKSIMALKAN KEMAMPUAN FLANKING DAN INCAR MUSUH

User Yin harus tahu cara berputar mengelilingi lawan dan mengincar musuh di back line seperti mage atau marksman. Bila berlari di depan muka lawan, kamu bisa dihajar duluan dan mungkin malah salah mengaktifkan ultimate.

Kamu juga harus tahu seberapa besar damage yang kamu keluarkan dan seberapa cepat musuh bisa mati dalam kombomu. Waspadai juga kemampuan escape lawan pemilik Flicker atau skill blink. Jangan sampai ultimatemu terbuang sia-sia.

TIPS 5: FOKUS FARMING, SESUAIKAN ITEM

Itemisasi Yin sebenarnya tak jauh beda dengan fighter biasa. War Axe adalah satu item wajib yang mesti kamu punya untuk menambah cooldown dan damage berkala dari Frezny strike. Beberapa pemain memilih Bloodlust Axe sebagai item kedua, ada juga yang membuat Malefic Roar atau Hunter Strike untuk tambahan penetrasi. Keduanya adalah item yang ideal untuk Yin.

Namun, bila banyak musuh banyak yang punya lifesteal atau regen, tak ada salahnya kalian membuat Dominance Ice. Blade Armor juga efektif dipakai Yin khususnya melawan hero basic attack seperti marksman. Dengan begini, Yin tak perlu takut dipukul karena lebih kuat dari serangan.

Yin tetap perlu early game yang stabil di awal game. Jangan paksakan untuk war saat kalian belum level 4 atau belum bisa mengaktifkan efek retribution. Fokus habisi jungle dan hanya rotasi saat kalian punya ultimate. 

EMBLEM DAN ITEM YIN:

Di emblem ekslusif Yin, Mobile Legends menyarankan pemain memakai emblem fighter dengan talent Unbending Will. Sayangnya, emblem ini tak punya movement speed yang bisa membantu Yin rotasi dan mengejar mangsa.

Sebagai jungler, coba pakai emblem assassin High and Dry agar mendapat tambahan damage saat by one. Namun, ganti efek talent kedua dengan bloodthirst agar dapat bonus spell vampiric.

Dengan begini, movement kalian tetap cepat dan punya lifesteal bawaan dari emblem saat melakukan farming atau menyerang musuh di arena dengan Frenzy Strike.

Untuk item, kalian bisa skip sepatu utuh dan langsung menuju item core pertama yakni War Axe atau Bloodlust Axe. War Axe memperkuat snowball hero kalian sementara Bloodlust memperkuat efek lifesteal dari Charged Punch dan Frenzy Strike.

Item kedua, bila kalian sukses menciduk lawan di early game. Tambah damage dengan Hunter Strike, Malefic Roar atau Blade of Despair. Pertimbangkan situasi apakah kalian unggul telak, menghadapi banyak hero tanky atau butuh sedikit defense untuk memperkuat situasti one on one.

Di item ketiga, kalian tak perlu lagi item damage. Coba bikin Dominance Ice untuk mengurangi efektifitas lifesteal dan basic attack musuh, Blade Armor untuk mengcounter marksman ber-attack speed tinggi atau defense magic seperti Radiant Armor atau Athena Shield.

Untuk item keempat, kalian bisa tambahkan beberapa item defense seperti Brute Force atau Immortality agar semakin kuat. Beberapa item lain yang bisa jadi alternatif untuk Yin adalah Blade of Heptaseas dan Queen's Wings. Kamu juga bisa coba Winter Truncheon khususnya saat melawan Hayabusa atau mengurung mage kombo seperti Vale.

Itu dia tips dan trik menggunakan Yin yang benar. Kalian bakal rasakan Yin jungle jauh lebih kuat ketimbang Yin di sidelane, bahkan hero yang tadinya bisa counter Yin, tak akan terasa menyulitkan lagi.