Lius Andre Prediksi MPL Season 10 Akan Ada Peserta Baru

Billy Rifki
19/04/2022 10:55 WIB
Lius Andre Prediksi MPL Season 10 Akan Ada Peserta Baru
instagram

MPL Season 9 sedang memasuki babak playoffs. Musim ini, liga franchise esports terbesar di Indonesia tersebut masih diikuti oleh delapan tim. Rumor penambahan slot guna meningkatkan atraksi dan level kompetisi sering digaungkan jelang musim MPL mendekati akhir.

Sayangnya, MPL Indonesia tak kunjung menambah jumlah peserta. Hal paling baru terkait peserta cuma pergantian slot yang tadinya diisi Genflix Aerowolf menjadi Rebellion Zion. Namun, rumor slot MPL masih terus dibahas hangat. Salah satunya dilontarkan kembali oleh mantan Esports Manager Moonton, Lius Andre.

Dalam bincang-bincangnya di kanal YouTube VDVC Esports, Ko Lius menceritakan awal karirnya sebelum bekerja di Moonton dan bagaimana proses terjadinya franchise league di MPL. Ia juga mengungkap seperti apa proses yang dilakukan oleh pihak MPL dan anggota franchise tiap musimnya termasuk mempertimbangkan keharusan menambah slot untuk tim baru.

"Kalau dibilang untuk nambah slot itu, fyi (for your information) itu setiap season dibahas. Kayak season ini kita mau buka slot ngga? Terus mulai dipertimbangkan satu dan lain hal," ujar Ko Lius. Ia menambakan, persoalan slot ini bukan cuma sekedar kemampuan tim esports membayar biaya franchise yang harganya sudah melambung dari nilai awal yakni 15 miliar Rupiah.

Kembali ke pembahasan tim baru di MPL Season 10, Ko Lius menduga setidaknya musim depan akan ada nama baru. Sayangnya, hal tersebut masih bersifat prediksi dan tak dapat dipastikan. "Tapi kalau ditanya kira-kira kapan bakal ada tim baru lagi masuk MPL, tebakan gue, prediksi gue season depan (MPL S10) minimal ada satu," ucap mantan pelatih Dewa United tersebut.

Hal ini senada dengan pernyataan dari Public Relations Manager Moonton, Azwin Nugraha. Rumor penjualan slot sempat muncul di fase MPL Season 7, ia berujar kalau memang ada perbincangan dengan banyak tim terkait slot anggota baru di MPL.

"Menanggapi berita terkini yang diposting oleh BOOM Esports atau pihak lainnya. Kami dapat mengklarifikasi bahwa saat ini kami sedang dalam pembicaraan dengan beberapa tim untuk peluang Penjualan Slot di masa depan untuk Musim 7 dan Musim 8,” ujarnya.

Terlepas dari mahalnya harga franchise MPL, tak menampik kenyataan kalau banyak tim esports berebut untuk jadi bagian franchise tersebut. Sistem kompetisi yang lebih stabil bagi pemain dan keuntungan jelas bagi tiap tim membuat format ini menguntungkan untuk jangka panjang dibanding sistem turnamen liga biasa.

Sejauh ini, beberapa tim masih ngotot memperjuangkan mimpinya main di MPL. Dewa United dan Geng Kapak terus melakukan lobby kepada para pemilik suara untuk dapat kepastian tampil di MPL Indonesia dalam waktu dekat. Ada juga tim yang saat ini berkiprah di MDL pasti ingin promosi bermain di kasta tertinggi kompetisi Mobil Legends Indonesia.

Apakah season 10 jadi saat yang tepat untuk menambah slot peserta MPL?