Ini Dia Hero Terpopuler di MPL ID S9!

Dandesignlab
02/04/2022 19:45 WIB
Ini Dia Hero Terpopuler di MPL ID S9!
Esports ID

Babak playoff MPL Indonesia musim ke-9 telah berada didepan mata. Seluruh tim yang berpartisipasi di MPL telah mengerahkan seluruh kemampuan terhebatnya disepanjang Regular Season. Tim papan atas seperti RRQ Hoshi dan ONIC Esports masih menjadi rival sengit dipuncak atas klasemen. Sementara AURA Fire, kini tengah mengobarkan api perjuangannya dengan meraih performa apik dipertandingan terakhirnya.

Terdapat beberapa hero-hero Meta yang masih atau bahkan baru populer pada musim ke-9 ini. Sebelumnya, Karina dan Roger telah mendominasi jajaran lineup Meta kejuaraan M3 yang hampir menjadi andalan oleh seluruh pemain disetiap tim. Namun, seiring berubahnya patch notes mengakibatkan kedua hero tersebut harus tersingkir. 

Nah, pada artikel ini tim Esports ID telah merangkum beberapa hero terpopuler di MPL ID S9. Tentunya, hero-hero tersebut memiliki tingkat efektivitas yang baik dari segi tingkat kemenangan yang telah tercetak dibagan statistik! Penasaran apa saja? Mari kita simak;

Jungler - Hayabusa, Paquito, Aulus

Barisan yang akan kita bahas pertama ialah tiga Jungler populer yaitu Hayabusa, Paquito, dan Aulus. Ketiga hero ini tengah merajalela disepanjang MPL ID Season 9 dengan kemampuannya yang sangat lincah dan menghasilkan kerusakan masif kepada lawan. Meskipun Paquito telah terkena banyak penyeimbangan dan sempat populer dimusim sebelumnya, tetapi kehadirannya tidak pernah lekang dimakan waktu. Adapun Aulus yang baru saja populer belakangan ini akibat buff dan kepopulerannya di MDL ID S5, hero ini telah cukup mengacak-acak sebagian besar pertempuran di Land of Dawn. Bagaimanapun, Aulus memiliki daya serang dan mobilitas yang sangat baik dipertengahan hingga akhir pertandingan.

Berbicara soal mobilitas, tentu saja hal tersebut mengacu kepada Hayabusa yang memiliki potensi sama seperti Aulus. Bedanya, sang ninja Akakage ini hanya memiliki pergerakan yang cepat namun tidak memiliki kecepatan daya serang yang sama seperti Aulus. Jika user hero ini sangat piawai untuk menggunakannya, tentu akan sangat mudah bagi dirinya membuat musuh ketar-ketir di arena pertempuran.

Mid Laner - Yve, Cecilion

Posisi Mid adalah jalur yang paling krusial didalam permainan. Pasalnya, Mid merupakan sebuah kunci untuk mengakhiri pertandingan lebih cepat akibat jaraknya yang sangat pendek. Oleh karena itu, dibutuhkan hero penjaga yang dapat mengantisipasi serangan dijalur tersebut agar tidak mudah untuk dijebol oleh lawan.

Nah, Hero tersebut ialah Yve & Cecilion. Kedua hero Mage ini memiliki mobilitas yang lebih fleksibel ketimbang Mage lainnya. Jika hero Magic lainnya cenderung terasa berat dan mudah terculik, ini tidak cukup berlaku bagi kedua hero ini.

Yve telah populer dijajaran meta kompetitif telah cukup lama. Berkat kemampuan Crowd Control dan AOE-nya yang sempurna, Yve menjadi penyihir kuat untuk melakukan Team Fight disegala kondisi. Disisi lain, Cecilion juga menjadi Mage yang baru-baru ini telah menjulang kembali popularitasnya dideretan Meta. Bahkan, tidak hanya memiliki kemampuan Crowd Control tetapi ia memiliki kerusakan yang sangat luar biasa jika berada di late game.

Roamer - Khufra, Mathilda

Peran Roamer tidak kalah penting untuk menunjang sebuah permainan. Dengan Durabilitas-nya yang tahan lama dan kemampuan yang dapat mengendalikan laju team fight secara umum, tentunya hero dengan peran ini telah menjadi kunci untuk mendominasi seluruh pertandingan.

Hero Tank/Support yang populer dikalangan Roamer di MPL tersebut ialah Khufra dan Mathilda. Keduanya merupakan hero andalan yang serba bisa ketika berada di Land Of Dawn. Memiliki daya tahan yang baik dan melakukan buff bagi rekan tim tentunya menjadi sebuah keuntungan besar bagi sejumlah komposisi tim.

Gold Laner - Popol & Kupa, Beatrix

Jika berbicara mengenai hero Gold Laner, tentu saja tidak terpaku hanya hero Marksman saja. Masih terdapat sejumlah hero lainnya yang dapat mengisi Gold Lane untuk memenangkan permainan. Namun, Meta saat ini pada umumnya lebih sering mengandalkan hero Marksman layaknya Beatrix dan Popol & Kupa. Keduanya memiliki potensi yang sangat besar pada musim ini.

Lantas mengapa demikian? karena hal itu terjadi berkat serangannya yang sudah cukup mumpuni ketika berada di early bahkan hingga late game. Anggap saja Beatrix yang dapat bertahan disegala situasi menggunakan tiga variasi senjatanya yang berbeda-beda. Ia dapat menyerang dari jarak jauh, menengah, atau bahkan jarak dekat menggunakan Shotgun-nya ketika ia terancam. Begitu pula dengan Popol & Kupa, ia memiliki daya serang yang tajam dan memiliki durabilitas yang kuat disaat yang bersamaan menggunakan peliharaannya.

Saat ini, Popol & Kupa memiliki tingkat kemenangan yang fantastis yaitu sekitar 76% dari 17 total pertandingan.

Exp Laner - Phoveus, Esmeralda, Chou

Jajaran yang terakhir ialah Phoveus, Esmeralda, dan Chou untuk mengisi posisi EXP Lane dipertandingan. Ketiga hero ini sama-sama memiliki daya tahan yang kuat, kerusakan yang besar, dan mobilitas yang cepat, untuk mendominasi pertempuran. Berbekal kemampuan yang serba bisa tersebut lah hero ini dipilih untuk menjadi meta pada musim ini. 

Tidak hanya mampu sebagai Fighter, tetapi ketiga hero ini juga bisa untuk berperan sebagai Tank/Support dipertempuran. Maka dari itu, hero ini menjadi pilihan yang hampir sempurna untuk digunakan. Meskipun masih terdapat hero lain seperti Yu Zhong yang kini tengah populer juga di MPL, tetapi ketiga hero ini telah terbukti sangat efektif untuk digunakan dipanggung kompetitif.

Nah, itu dia deretan hero terpopuler disepanjang MPL ID S9. Tentunya, kita masih akan melihat beberapa perkembangan hero lainnya dipekan terakhir regular season atau mungkin pada babak playoff tanggal 21 April mendatang.

Bagaimana menurutmu? Hero apa nih yang jadi favorit kalian? Komen dibawah ya!