Yamaha

Revamp Akai, Calon Hero Meta di Rank & Playoffs MPL Season 9

Billy Rifki
18/04/2022 11:32 WIB
Revamp Akai, Calon Hero Meta di Rank & Playoffs MPL Season 9
mobile legends

Popularitas hero tank di Mobile Legends belum menunjukan indikasi redup. Meroket sebagai jungler, core sidelane dan tentunya pengisi paling efektif role roamer, ada satu hero tank lagi yang bakal jadi andalan anyar pasca revamp.

Akai mendapat banyak perubahan pada patch notes 1.6.72. Bukan cuma modelnya saja yang disegarkan, tapi juga skill diperkuat dan jadi lebih OP ketimbang sebelumnya. Tak heran kalau hero ini segera jadi langganan pick di rank match dan kemungkinan besar di playoffs MPL Season 9 nanti. Seperti apa sih kekuatan Akai revamp?

PT Media Esports Indonesia

DAMAGE TINGGI DENGAN ITEM TANK

Banyak hero tank sekarang mendapat penguatan damage dari persentase HP mereka. Jadi, para tanker tak perlu memaksa membeli item ofensif hanya demi dapat tambahan damage di skill mereka. Seperti Akai yang punya rumus damage pasif baru yakni 50 + 5% max HP untuk shield dan damage.

Artinya, semakin tebal akai maka semakin tinggi perolehan shield dan damage pasifnya. Item seperti Sky Guardian Helmet atau Cursed Helmet bisa jadi prioritas di slot pertama untuk mendongkrak potensi damage maksimal sang Panda.

PENGGUNAAN SKILL LEBIH MUDAH

Salah satu penyebab Akai kurang laris sebelumnya adalah cara penggunaan skill yang rumit. Akai harus melempat Blender sebelum mendaratkan body slam agar musuh terkena efek stun. Setelah itu, Akai baru mengarahkan atau menjepit musuh dengan ultimate berputarnya.

Namun, skill non-ulti tersebut sudah diganti dengan Headbutt dan Body Slam yang berbeda. Akai kini punya jurus blink yang lebih cepat pergerakannya. Memberikan efek airborne ke musuh dan berguling untuk mengatur posisi sebelum ulti. Ini memastikan arah dorongan Heavy Spin akan lebih terarah.

Akai juga bisa memakai Headbutt untuk mengatur ulang jarak ketika dalam mode berputar. Jadi kalian bisa menentukan kombo skill terbaik apakah harus inisiasi headbutt dulu atau langsung berputar.

Yang lebih keren, durasi dari Heavy Spin kini menjadi empat detik dengan movement speed ditingkatkan. Musuh yang tersenggol putaran Akai bakal terdorong lebih jauh tanpa mampu mengejar rotasi mematikan si Kungfu Panda.

JUNGLER META TERBARU?

Secara tertulis, Mobile Legends mengatakan kalau revamp Akai memungkinkan sang hero jadi core seperti jungler atau offlane bahkan goldlane.

Dengan skill Headbutt, Akai tak memerlukan lagi Flicker untuk mengatur posisi. Slow dari Body Slam juga berfungsi sebagai pengganti Petrify walau tak memberi efek stun. Tapi menolong untuk menghambat musuh kabur saat Akai ingin berputar.

Dengan kerusakan tambahan dari persentase HP, Akai punya damage tinggi dari skill dan basic attack-nya. Item tank tetap jadi prioritas senjata Akai, tapi bisa juga dikombinasikan dengan equipment physical macam War Axe atau Hunter Strike yang memberi cooldown reduction, physical attack dan movement speed tambahan.

Beberapa player sudah terlihat menggunakan Akai jungler dengan emblem assassin agar dapat tambahan damage, movement speed dan cooldown. Tapi tak ada salahnya tetap berpegang pada emblem tank agar ia lebih sustai sebagai core utama tim.

Bagaimana pendapat kalian dengan revamp Akai terbaru?