Update Baru MLBB, Berikut Deretan Hero yang Kena Buff & Nerf!

Billy Rifki
24/05/2022 13:17 WIB
Update Baru MLBB, Berikut Deretan Hero yang Kena Buff & Nerf!
mobile legends

Mobile Legends telah merilis update patch baru 1.6.84. Seperti biasa, hero-hero yang tampil mengesankan selama patch kemarin bakal terkena penyesuaian. Selain itu ada juga hero baru Julian, sosok pahlawan tanpa ultimate namun punya skill yang diperkuat.

Siapa saja sih hero yang terkena nerf dan buff? Kita akan bahas satu persatu di bawah. Dimulai dengan nerf untuk Karina, Wanwan, Baxia, Cecilion serta Beatrix yang jadi langganan first pick atau ban di meta saat ini.

- KARINA

Assassin jungler versatile ini lagi-lagi terkena nerf. Fleksibilitasnya memakai item tank atau assassin mage seperti biasa membuat Karina masih relevan menjadi core ditakuti di meta saat ini. Pasif Karina kini membutuhkan lebih banyak magic power agar lebih sakit, sementara untuk player yang tetap ingin pakai item tank, Karina hanya lebih sustain namun minus burst damage di early game.

- VALENTINA

Tak ubahnya dengan Karina, Valentina terus mendapatkan nerf tapi tetap saja jadi langganan ban. Keunikannya mencuri ultimate besar dianggap sebagai skill overpower khususnya saat melawan mage aoe macam Yve, Pharsa atau roamer cc seperti Atlas dan Akai.

Exp tambahannya kembali dikurangi dari 15-50 menjadi 8-50 plus durasi pemakaian skill dua juga bertambah dari 10 detik jadi 12 detik.

- LYLIA

Efek slow dari Skill 1 Lylia mendapat pengurangan dari 40% menjadi 30%. Ini bakal meningkatkan peluang musuh melarikan diri ketika bertemu dengan spam skill Lylia.

- WANWAN

Jaminan late game, marksman paling lincah saat ini. Wanwan semakin mudah untuk dipakai namun potensi damagenya dianggap terlalu sakit. Bonus physical damage yang ia milii sekarang dikurangi 5% namun di atas kertas tidak akan berpengaruh khususnya saat mencapai fase late game.

- BAXIA

Pendominasi jungler era tank, Baxia mendapatkan nerf dari kemampuan bertahan hidupnya. Pertumbuhan HP berkurang dari 228 jadi 193 per level sementara base damage ultimate juga berkurang dari 40-60 jadi 40-50.

- GROCK

Lagi-lagi Grock menciptakan masalah saat menjadi core, terutama kemampuan burst damage yang terlampau tinggi untuk seorang tank. Oleh karena itu, patch baru membuatnya tak punya physical defense tambahan setinggi sebelumnya saat membeli item attack.

Damage tambahan untuk ultimatenya juga dikurangi sehingga memungkinkan lawan masih punya sedikit darah saat bertemu monster baru ini.

- CECILION

Mage satu ini bakal lebih mudah ditumbangkan karena kemampuan defense-ya diperlemah. Base HP Cecil dikurangi beserta base physical defense. Sementara potensi damage yang ia miliki tak berubah sama sekali.

- BEATRIX

Selain Wanwan, Beatrix tergolong auto pick karena menyediakan banyak utilitas dalam teamfight. Kuat laning, bisa clear wave cepat, membunuh dari jauh atau burst damage yang keterlaluan, Beatrix terus dikalibrasi lewat nerf patch kali ini.

Basic attack Renner mendapat pengurangan bonus physical attack dari 360-535% jadi 350-525%. Cooldown ultimate Renner ditingkatkan dari 24-18 detik jadi 32-24 detik. Ultimate Wesker juga di nerf sama yakni tambahan cooldown dari 24-18 detik jadi 32-24 detik.

Selain nerf, ada juga beberapa hero yang dapat buff signifikan. Misalnya Thamuz, Floryn dan Akai.

-AKAI

Jungler tank baru ini mungkin tidak akan sekuat dulu. Tapi animasi jurusnya dibuat lebih efektif dengan jarak yang diperluas dan pergerakan yang lebih cepat untuk skill 1 dan 2. Selain itu, ultimatenya hanya bisa digagalnya oleh efek suppress dan morph, artinya knock up tidak akan bisa lagi menghilangkan putaran Heavy Spin

- THAMUZ

Basic attack Thamuz kini diperkuat dengan tambahan erupsi lava energy saat kapak maut Thamuz dalam genggaman. Selain itu, lebih mudah juga untuk menarik kembali rantai sabitnya karena pemain bisa menarik senjata secara manual dengan menekan kembali skill 1.

Attach speed saat mode ultimate juga bertambah, plus ada 500-1500 HP tambahan selama durasi skill dan Thamuz juga meregenerasi HP dalam jumlah yang sama.

- FLORYN

Damage skill 1 dan heal global dari Floryn kini meningkat cukup drastis dengan tambahan 30% dari persentase sebelumnya

- ALICE

Sang penyihir jahat bisa jadi kembali ke meta dengan konsumsi mana yang lebih sedikit dari ultimatenya.

- SABER

Saber mampu memanggil pedang berputarnya dalam keadaan bergerak

- IRITHEL

Marksman ini bisa jadi alternatif di meta sekarang. Damagenya ditingkatkan dalam keadaan non ulti dan tak membutuhkan penggunaan mana. Setiap bergerak, Irithel akan mengeluarkan panah tambahan pada basic attack berikutnya saat energy terisi penuh.

Kalian bisa baca patch notes terbaru MLBB 1.6.84 langsung di kolom surat Mobile Legends dan cari tahu apakah jagoan kalian kena nerf atau malah dapat buff. Menurut kalian, apakah sudah tepat penyesuaian di patch kali ini?