Esports

MPL S10 Berencana Hilangkan Patch Update di Tengah Regular Season?

Billy Rifki
29/07/2022 22:00 WIB
MPL S10 Berencana Hilangkan Patch Update di Tengah Regular Season?
esports.id interview

MPL Season 10 memasuki hitungan Minggu, publik tak sabar menyaksikan persaingan 8 tim MLBB terbaik di Indonesia dengan banyak kejutan baru.

Namun, ternyata ada wacana kalau tak ada lagi perubahan patch di tengah liga MPL Season 10. Biasanya, memasuki pertengahan pekan akan ada patch update yang membuat tim harus beradaptasi ulang dengan meta.

PT Media Esports Indonesia

Walau merepotkan, hal ini jadi momen seru bagi fans karena bisa menyaksikan kepiawaian tim jagoan mereka menyesuaikan dengan patch baru. Banyak juga tim yang terdampak secara positif maupun negatif saat patch baru muncul.

Misalnya, Aura Fire yang jadi overpower saat patch tank jungle muncul, atau Alter Ego yang kerap ikut "di-nerf" pasca update.

Wacana MPL S10 tanpa patch update terungkap di sesi workshop rulebook MPL Season 10 yang diselenggarakan di Hotel Grand Tjokro, Jumat (29/7). Awalnya, manajer dari RRQ Hoshi, Bram bertanya pada narasumer workshop, Yosephine Andjani selaku Esports Relationship Manager MPL.

Ia mempertanyakan soal wacana MPL S10 akan menggunakan patch yang lama. Sementara update akan terjadi untuk in-game Mobile Legends.

Hal ini bisa menimbulkan kebingungan untuk pemain dan pelatih. Ini bisa juga mengakibatkan pemain jadi malas untuk nge-rank karena di MPL sendiri pakai patch lama.

Padahal rank match bisa jadi sumber ilmu baru apalagi kualitas publik player saat ini punya banyak strategi kejutan yang akhirnya digunakan di MPL. Bram pun menyebut hal ini agak kurang fair untuk para tim kalau betul terjadi.

"Nantinya yang ku lihat yang bakal terjadi itu tim-tim ngga akan ada playernya untuk nge-rank jatuhnya. Pasti semua tim pada akhirnya ya scrim doang. Aku bukan coach tapi penglihatanku tuh coach nyuruh playernya untuk nge-rank untuk nyari sesuatu dan itu (mungkin) ngga akan ada di season ini," ujar Bram.

Dari pihak MPL sendiri turut menjelaskan alasan terkait penggunaan patch lama untuk MPL S10.

"Nanti di tengah-tengah regular season kita, akan ada update yang cukup signifikan terhadap game Mobile Legends kita. Keputusan yang diambil oleh liga, kita merasa patch update ini terlalu signifikan kemudian bisa lumayan mengubah flow dari liga kita dan juga patch updatenya itu terjadi bukan persis di tengah-tengah (jadwal regular season).

Jadi dari liga memutuskan bahwa seluruh MPL, bukan Indonesia aja jadi tidak mengikuti patch update yang akan ada," ujar Yosephine menjawab keluhan Bram.

Regulasi ini pun tampaknya bakal dipertimbangkan lagi di MPL S10 melihat feedback dari pelatih tim lain juga kurang mendukung kebijakan ini.

Seperti Mars dari ONIC yang menyarankan agar tim tetap mengikuti patch baru namun ada jeda. Jadi tidak sekedar menjalankan patch lama.

Menurut kalian, apakah MPL sebaiknya tetap menerapkan patch baru di regular season atau terus memakai patch lama hingga usai?