Yamaha

Hero MLBB dengan Pick, Win Rate dan Ban Tertinggi di S24

Billy Rifki
08/07/2022 16:00 WIB
Hero MLBB dengan Pick, Win Rate dan Ban Tertinggi di S24
instagram

Musim rank baru telah berlaku, kini MLBB menjalani season kompetitif ke-25. Seiring update season, perubahan pada patch, penyesuaian hero dan lainnya diterapkan untuk menjaga antusias dan keseruan player push rank. Berkaca dari season 24, ada beberapa hero yang jadi target banned walau sudah mengalami rentetan nerf, contohnya Valentina dan Karina.

Secara statistik, dua hero ini termasuk hero yang paling sering di-banned di season 24. Berbanding terbalik dengan Franco, Miya dan Nana yang jadi opsi paling sering di pick oleh player berdasarkan rank Epic ke Mythic. Nah kira-kira ada hero apalagi sih yang jadi langganan banned, most pick serta win rate tertinggi? Cek gambar-gambar berikut!

PT Media Esports Indonesia

MOST BANNED

Di atas adalah wajah para hero yang paling dihindari oleh player. Mulai dari Karina, Valentina dan Yin yang ternyata mengantongi angka 57% lebih bakal di-banned oleh player Epic-Mythic. Nama-nama langganan dari season sebelumnya macan Natalia dan Selena serta kombo hero baru Xavier-Julian juga masih dijauhi pemain.

Estes masih masuk 10 besar hero paling sering di-banned meskipun meta healing tak lagi jadi primadona. Untuk urusan Heal, Estes sendiri kalah saing dengan Angela atau Rafaela karena keduanya mudah dibuat kombo. Sementara Estes cenderung lambat walau punya potensi heal lebih besar.

Uniknya, Wanwan jadi satu-satunya marksman yang masuk dalam 10 besar most ban hero dengan rasio ban rate 41,60%. Ini membuktikan role marksman punya banyak hero untuk dikontes dan cuma Wanwan yang saat ini paling mengerikan kalau terlepas.

MOST PICKED

Untuk urusan paling sering di-picked, roamer pemancing mania Franco masih jadi yang terpopuler di kalangan Epic-Mythic. Apalagi ia mendapat pansos dari aksi peserta MSC 2022 lalu yang sering menggunakan Franco. Untuk alternatifnya, player biasanya memilih Tigreal untuk mengganggu early game jungle lawan atau Johnson karena seru berkendara di Land of Dawn.

Marksman jadi hero yang punya rasio pick rate terbanyak. Ada empat marksman masuk ke-13 besar yakni Beatrix, Layla, Moskov dan Miya di peringkat pertama. Beatrix merupakan opsi paling lazim untuk marksman skena kompetitif atau publik sementara trio Layla, Miya, Moskov bakal lebih sering dijumpai di rank match.

Nama Dyrroth juga melejit akibat popularitas meta tank. Kemampuan Dyrroth memberikan damage tinggi melawan hero berdarah tebal membuatnya jadi andalan exp lane di season 24. Fighter lain yang masuk kategori top picked adalah Zilong dan Balmond.

Untuk mage, Cecilion masih belum bisa menggeser Vale dan Nana walau lebih sering tampil di turnamen. Nana dan Vale sendiri terbilang preman rank match dan cukup sering dipakai oleh player public.

HIGHEST WIN RATE

Sering di pick belum tentu bikin menang, deretan hero ini mungkin kurang digemari tapi kalau urusan push rank, mereka paling auto-win. Apa kamu menyangka hero seperti Lolita dan Atlas punya win rate lebih dari 55%?

Rata-rata penghuni kategori ini adalah hero yang digunakan oleh spammer atau pemain yang cuma menggunakan satu hero tertentu apapun situasinya.

Mereka mementingkan hero power ketimbang hero meta dan yakin andalannya bisa menang menghadapi match up apapun. Misalnya Aulus yang masuk dalam kategori ini. Cuma player Aulus berdedikasi yang tahu caranya farm cepat ke level 12 dan kapan momen terbaik untuk barbar. Argus yang cukup viral dengan meta push turret mengandalkan ultimate pencegah kematian.

Lalu ada nama Phoveus, hero yang tersingkir akibat naiknya popularitas Esmeralda dan Dyrroth. Namun, win rate Phoveus masih cukup tinggi yang artinya hero ini sangat efektif saat tidak ter-counter. Untuk marksman, nama Irithel merangsek naik setelah revamp yang menandakan penyesuaian tersebut positif. Alternatif MM lain yang auto win adalah Popol-Kupa yang mampu melahap turret dengan mudah dan jadi lawan tangguh untuk banyak gold lane prioritas.

Itu dia tiga statistik MLBB musim ke-24. Apakah musim ini akan ada perubahan di segi most banned dan pick?