Yamaha

Ini Dia Pemain Asing yang Bisa Tampil di Week-1 MPL Season 10

Billy Rifki
10/08/2022 12:00 WIB
Ini Dia Pemain Asing yang Bisa Tampil di Week-1 MPL Season 10
instagram

Terpaut dua hari dari kick-off MPL Indonesia Season 10 pada 12 Agustus mendatang. Mayoritas tim telah mengungkap roster mereka termasuk para pemain asing yang meramaikan bursa transfer musim ini.

Namun, ada kejanggalan kalau melihat roster announce dari tim peserta MPL S10 dan Instargram dari MPL Indonesia. Tidak semua pemain asing disertakan dalam roster. Sejauh ini baru Dlarrr dari EVOS Legends dan Baloyskie di Geek Fam yang terpampang dan kemungkinan tampil di pekan perdana MPL S10.

PT Media Esports Indonesia

Padahal ada nama Kairi, analist baru RRQ Hoshi Arcadia, pelatih asal Filipina untuk Bigetron Alpha serta Hadesss yang katanya juga bergabung ke Geek Fam. Kairi sendiri jadi pengumuman player asing pertama yang dilakukan musim ini oleh ONIC Esports.

Usut punya usut, ada kemungkinan para legiun asing tersebut tak kunjung diperkenalkan karena belum memiliki surat kerja dalam hal ini KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas). Dokumen ini adalah syarat wajib bagi orang asing yang ingin tinggal dan bekerja di Indonesia.

Ini sesuai dengan yang dilontarkan PR Manager MPL Indonesia, Azwin Nugraha kalau ada persyaratan yang masih belum lengkap dari beberapa pemain sehingga MPL pun belum mengumumkan mereka walau sudah fix bergabung.

“Intinya kalau memang belum di announce, berarti ada persyaratan yang belum dilengkapi sebagai tenaga kerja asing, sama seperti di industri-industri lainnya. Dan tentu, kita harus patuh terhadap undang-undang atau regulasi yang berlaku di Indonesia."

“Secepatnya (akan diumumkan). Jika semua sudah lengkap dan tidak ada lagi halangan, idealnya (mereka sudah) bisa bermain,” ucap Azwin dilansir dari ONE Esports saat workshop rulebook MPL Indonesia.

Persyaratan mengajukan KITAS menyebutkan: “Permohonan Kartu Izin Tinggal Terbatas bagi Orang Asing yang masuk Wilayah Indonesia dengan Visa tinggal terbatas harus diajukan dalam waktu paling lama 30 (tiga puluh) hari sejak Tanda Masuk diberikan.”

Artinya ada proses sekitar satu bulan untuk mendapatkan KITAS ini.

Jadi jangan takut jagoan baru kalian gagal gabung yah, mereka cuma belum melengkapi persyaratan aja. Apakah Baloyskie dan Dlarrr bakal langsung debut di pekan pertama MPL S10?