Kaleidoskop Esports MLBB Indonesia Tahun 2022!

Dandesignlab
28/12/2022 11:00 WIB
Kaleidoskop Esports MLBB Indonesia Tahun 2022!
Esportsid

Mobile Legends Professional League (MPL) telah menjadi liga Mobile Legends terbesar di Asia-Tenggara. Tak hanya di SEA saja, turnamen ini telah di gelar pada berbagai wilayah besar seperti Amerika Utara, Amerika Latin, dan MENA.

Sejauh ini, MPL Indonesia dan Filipina menjadi liga yang paling di gemari pada esports Mobile Legends. MPL ID secara khusus telah mencatat pencapaian pemirsa tertinggi pada pertandingan EVOS LGN vs. RRQ Hoshi di Season 9 yang mencapai sekitar 2.8 juta pemirsa, menurut Escharts.

Selain MPL, terdapat beberapa turnamen Mobile Legends meriah lainnya seperti Mo\ile Legends Development League, Woman Star League, MSC 2022, MPLI 2022, dan IESF WEC 2022 Bali.

Tim Esports ID sejauh ini telah merekap beberapa turnamen esports besar yang telah di lewati pada tahun 2022. Beberapa acara esports besar yang telah bergulir di tanah air pun tak ketinggalan pada daftar ini. Seperti apa itu? mari kita simak sebagai berikut;

Januari - Maret 2022 (Q1)

Januari merupakan awal season yang baik pada esports MLBB di Indonesia. MPL ID S9 sebagai pro league terbesar tanah air telah menjadi acara yang sukses dan berhasil menghasilkan jumlah penonton fantastis ketika laga el clasico EVOS LGN vs. RRQ Hoshi berlangsung sekitar 2.8 juta penonton. Penggemar juga telah menyaksikan kemenangan RRQ Hoshi yang lama tak terlihat di MPL ID selama dua season. 

MPL Indonesia Season 9
MDL Indonesia Season 5
Unipin Ladies Series Season 2

April - Juni 2022 (Q2)

Q2 memiliki pertandingan wilayah SEA yang luar biasa dengan adanya Asian Games ke-31 Vietnam dan MSC 2022. Para perwakilan tanah air yang terdiri dari pemain jawara gabungan telah berjuang di Asian Games hingga akhirnya dapat meraih medali perak. Tim Filipina yang diwakilkan oleh Blacklist International masih terlalu kuat meski mereka baru saja kembali dari rehatnya di MPL PH S9.

31st Southeast Asian Games
Mobile Legends Upoint Esports Invitational Season 2
MLBB Southeast Asia Cup 2022

Juli - September 2022 (Q3)

Pertengahan musim tentunya tak kalah luar biasa di mana ini merupakan sebuah musim transisi yang dapat mengantarkan para tim terbaik untuk bersaing di acara internasional. Sebut saja H3RO Esports 3.0 sebagai turnamen pihak ketiga yang merupakan sebuah akar bagi EVOS melaju ke Seleknas, Pelatnas, hingga menjadi juara IESF WEC 2022 Bali.

MPL ID S10 yang telah berlangsung meriah juga telah banyak memberi kejutan yang tak terduga. EVOS sebagai tim jawara tak berhasil lolos playoff meski telah menjadi juara paruh pertama regular season. ONIC dan RRQ yang finis di top 2 MPL ID secara otomatis melaju ke M4 World Championship.

Tak ketinggalan, Bigetron Beta yang menjuarakan MDL ID S6 pun berhasil memberikan hasil yang terbaik bagi tim setelah menggeser EVOS ICON di grand final yang memiliki Dlarrr.

H3RO Esports 3.0
Mobile Legends Rising League Ladies
MDL Indonesia Season 6
Unipin Ladies Series SEA Championship 2022
Woman Star League Season 5
MPL Indonesia Season 10

Oktober - Desember 2022 (Q4)

Akhir tahun tentunya menjadi penutupan yang manis di kancah esports MLBB Indonesia. Timnas Indonesia yang diwakili oleh EVOS Esports berhasil menjuarakan LAN internasional IESF WEC 2022 Bali setelah menaklukkan Timnas Filipina. ONIC sebagai tim jawara MPL ID S10 bahkan berhasil mencetak gelar back-to-back champions. Luar biasa yah sobat esports!

Mobile Legends Upoint Esports Invitational Season 3
UPoint Esports 1v1 MLBB Chou Season 2
Piala Presiden Esports 2022
Axis Cup MLBB Season 1
Battle of H3ro
ONE Esports MPL Invitational 2022
Seleknas IESF Bali 2022
IESF World Esports Championship 2022
Upoint Esports Major Series 1VS1 MLBB Lancelot
Axis Cup MLBB Season 2
Snapdragon Pro Series Season 1 - Indonesia Open Qualifier 1
Woman Star League Season 6 - Play ins

Tahun 2022 merupakan season yang luar biasa bagi para penggemar esports. Telah banyak turnamen game yang di selenggarakan oleh berbagai pihak, baik lokal ataupun internasional, tampil meriah dan sukses sejak awal hingga akhir tahun.

Berbagai judul game seperti Mobile Legends, AOV, Free Fire, Wild Rift, League Of Legends, DOTA 2, VALORANT, PUBG Mobile, dan APEX Legends telah menyelesaikan roadmap esports mereka masing-masing. Dengan ciri khas konsep dan keunikannya, seluruh turnamen esports di 2022 telah berhasil menyuguhkan penampilan terbaiknya untuk membuat skena esports tetap berwarna.