5 Tips Makin Jago Main MLBB ala Coach Zeys & BTR Vivian!

Billy Rifki
25/05/2023 19:34 WIB
5 Tips Makin Jago Main MLBB ala Coach Zeys & BTR Vivian!
mobile legends

Popularitas Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) telah merebak ke penjuru dunia. Pertarungan gaming bergenre MOBA 5v5 ini punya gameplay kompleks dan memicu daya pikir strategis para pemain. Kesederhanaan yang dimuat dalam perangkat mobile tak membuat game ini jadi mudah, Banyak pula pemain yang jadi depresi dan emosional karena tak kunjung “pro” memainkan game ini.

Untungnya, coach Zeys dengan reputasi juara dunia M1 dan IESF ditemani gold medalist SEA Games 2023 MLBB, BTR Vivian alias Vivi Indrawaty bakal membagikan 5 tips mudah makin mahir bermain MLBB. Pelajari dan pahami dengan seksama agar kalian makin unggul di antara pemain lain sampai akhirnya mencapai kasta tertinggi, Mythical Glory!

KUASAI HERO DAN PERANMU

Untuk memaksimalkan skill tiap hero, kombo dan talent, Bjorn Ong aka Zeys menyarankan kalian untuk melakukan grinding atau latihan hero spesifik untuk memahami cara kerja mereka lebih baik. Kalian bisa coba bermain klasik untuk memahami dasar-dasar hero dengan lingkungan kompetitif yang lebih santai, lalu lanjut ke Ranked Match untuk melawan pemain yang lebih serius.

Salah satu caru memaksimalkan kemampuan heromu adalah mengetahui match up terbaik. “Pengetahuan adalah kunci,” ujar Zeys. “Kamu harus tahu setiap match up yang menguntungkan atau merugikan untuk hero yang kamu gunakan,” tambahnya.

Tapi, bukan cuma sekedar mengetahu kekuatan dan kelemahan hero saja, tapi juga memanfaatkan kemampuan heromu agar sesuai dengan kebutuhan tim dan menangkal komposisi hero lawan. Berikut adalah beberapa kombinasi hero terbaik yang direkomendasikan oleh tim design Moonton.

Pertama: Arlott, fighter dengan damage tinggi yang cocok dipadankan dengan Diggie, support menyebalkan yang bisa membuat set up serangan agar potensi menciptakan first blood lebih mudah. Dengan memanfaatkan skill kedua Arlott, Vengeance yang bisa mengejar musuh, sementara Diggie bisa meletakan bom atau memasang jebakan Reverse Time agar musuh tak bisa melarikan diri.

Duo maut lainnya adalah X.Borg dan Carmilla. Saat disatukan, kerusakan dari ultimate mereka berdua menciptakan serangan area yang dahsyat. Alternatif lainnya adalah Floryn dan Lesley, buff yang dimiliki Floryn dari pasifmya, Dew akan menguatkan damage basic attack Lesley di mid hingga late game.

PERHATIKAN MINI-MAP!

Mempunyai kewaspadaan dalam membaca pergerakan musuh adalah skill penting. Mengetahui kapan musuh bergerak untuk ganking atau mengikis objektif macam Turtle dan Lord sangat krusial untuk memenangkan permainan. Tapi, melihat mini map saja tidaklah cukup, kamu harus berpikir satu langkah ke depan.

Design map MLBBdiciptakan simetris untuk merefleksikan filosifi gameplay kompetitif yang adli. Menurut BTR Vivi, mampu memprediksi pergerakan musuh selanjutnya adalah skill yang harus kamu asah. “Biasanya, musuh akan merencakan arah rotasi dan pergerakan mereka untuk mendapatkan objektif tertentu. Menganalisa strategi musuh dan memahami apa tujuan pergerakan mereka akan sangat krusial,” ujarnya sang Roamer.

Coba dan biasakan dirimu untuk bermain berbagai strategi berbeda untuk bergerak di arena tempur agar kalian punya positioning yang baik di area peperangan. Bekerjasamalah dengan rekan tim untuk menjaga vision atau penglihatan tim agar tetap terinformasi dengan pergerakan musuh atau objektif yang mereka coba ambil.

PUNYA STRATEGI UNTUK TIAP TAHAP PERMAINAN

“Tiap game MLBB biasanya dibagi jadi tiga tahap yakni early, mid dan late game. Early game adalah waktu kamu harus mengerti bagaimana cara bermain saat melakukan fase laning. Mid game adalah saat kamu harus tahu kapan melakukan rotasi dan mengambil objektif. Sementara late game adalah waktunya kamu bersiap melakukan eksekusi team fight yang sempurna,” jelas Zeys.“

Menjatuhkan turret lawan memberikanmu kendali map yang lebih terhadap lawanmu. Usahakan untuk berpikir lebih strategis dengan objektif permainan. “Kadang menukar seluruh pionmu tapi berhasil mengeliminasi raja terakhir bakal memberimu kemenangan,” tambah Zeys.

Di awal game, tim MLBB menyoroti pentingnya untuk melakukan level up secepat mungkin untuk hero core dalam tim. Usahakan juga untuk farm sebaik mungkin terutama bila kamu bermain roamer, jungler atau mid laner karena peran role ini sangat penting di early game. Kalau kedua kubu seimbang di early game, manuver cerdik ke arah sisi map untuk mendapatkan map control bisa membuahkan keuntungan saat team fight terjadi.

Di late game, siapapun yang berhasil mengeliminasi Lord biasanya akan menang. Tapi penting juga mewaspadai bila musuh menyelinap untuk backdoor atau push turret tanpa ada minion. Bertahan hidup sangat penting di fase ini dan jadi kunci utama di fase late game.

TENTUKAN PENGATURAN TERBAIKMU

Tiap pemain punya gaya bermain tersendiri, dan pengaturan game tertentu akan cocok untuk pemain-pemain tertentu. Untuk mengkostumisasi settingan kontrolmu, buka ikon Settings di pojok kanan atas saat layar beranda permainan, lalu pergi ke Control.

“Settingan tingkat lanjut untuk kebanyakan pemain adalah mengaktifkan Select Targeting sebagai metode targeting lawan, lalu memilih Lowest HP Percent di Targeting Priority,” ungkap tim design MLBB.

Settingan Advanced Select Targeting memungkinkanmu untuk memilih menyerang hero lawan, minion atau turret, selagai persentase HP paling rendah akan membantumu memprioritaskan lawan atau objektif terdekat yang harus segera dieliminasi. Ingin settingan kustom lebih lanjut? Pertama, pahami dulu apa kebutuhan paling pas untuk hero pilihanmu.

Misalnya, saat kamu bermain assassin, kamu bisa mengaktifkan Lock-on Targeting Method yang memungkinkanmu hanya menyerang hero yang ditarget selama pertarungan. Assisted Aiming Mode di Advanced Control Mode juga bisa diaktifkan agar kalian secara otomatis menyerang hero lawan yang ada di sekitar. Ini akan mempermudah pengoperasian serangan dan targeting hero kalian.

Gonta-ganti hero? Terapkan setting khusus di Individual Hero Setting untuk memaksimalkan kendali untuk setiap hero yang kamu pakai.

LATIH TUBUH DAN PIKIRANMU

Latihan membuat sempurna, menjajal kombo yang sudah kamu pelajari di mode Practice atau Classic bisa membantu mengurangi kesalahan fatal di medan perang sesungguhnya. Kalau skill hero dirasa terlalu rumit bahkan untuk coba di Classic, mainkanlah Versus A.I. mode.

Zeys juga merekomendasikan pemain untuk jajal custom room dan spam kombo tertentu untuk melatih kemampuan daya ingat dan menghapalmu. Pastikan kalian sudah percaya diri kalau ingin mencoba hero tersebut sebelum terjun ke Ranked Mode. Selain skill, mental bermainmu juga tak kalah penting!

“Kesalahan biasanya terjadi karena kurangnya kendali emosi. Ada bejibun kesalahan yang bisa dibuat oleh seorang pemain. Itu semua bisa diminimalisir tergantung fokus dari tiap pemain,” terang Zeys.

Tak peduli seberapa kuat atau sekompak apa tim kamu, sudah pasti kamu akan merasakan naik turun dinamika permainan yang terjadi. Saat menghadapi situasi yang menyulitkan, jagalah mindset positif dan terus bekerjasama sebagai kesatuan untuk membalikan keadaan. Dengan tips ini, kamu sudah ada di jalur yang tepat menjadi Legenda Land of Dawn!