Keterbatasan Waktu Buat NPCI Tak Kirim Atlet ASEAN Para Games 2023

Mallasak
05/06/2023 19:48 WIB
Keterbatasan Waktu Buat NPCI Tak Kirim Atlet ASEAN Para Games 2023
National Paralympic Commitee Indonesia (NPCI)

Terdapat empat negara yang berpartisipasi dalam ajang ASEAN Para Games 2023 di Kamboja. Sayangnya, Indonesia tidak termasuk kedalam empat negara tersebut.

Wasekjen National Paralympic Commitee Indonesia (NPCI)Rima mengatakan, pihaknya tidak mengirimkan atlet pada ajang ASEAN Para Games 2023 di Kamboja karena ada keterbatasan waktu. Menurut penjelasannya, pihak ASEAN Para Sport Federation (APSF) mengumumkan turnamen untuk divisi esports kurang dari satu bulan.

"Kurang dari satu bulang baru APSF merilis jenis-jenis klasifikasi disabilitas yang diperbolehkan untuk ikut cabor esports," ungkapnya kepada esports.id melalui pesan singkat pada Senin (05/06/2023).

Rima menerangkan bahwa pihaknya telah menemukan empat atlet yang akan dikirimkan pada ajang ASEAN para games 2023 tersebut. Hanya saja menurut Rima, atlet yang dibutuhkan tidak mencukupi dari persyaratan yang diharuskan.

ASEAN Para Games 2023

Karena itu lanjut Rima, pihaknya akhirnya memutuskan untuk tidak mengirimkan atlet. menurut Rima, bila pada akhirnya ditemukan satu orang untuk melengkapi tim tersebut maka waktu yang dibutuhkan tetap tidak mencukupi untuk dilakukannya pelatihan.

"Kita mengumumkan ke seluruh NPCI Provinsi dan hingga tanggal 20 baru menemukan 4 atlet dari 5 yang dibutuhkan. Sehingga pak ketum memutuskan untuk tidak memberangkatkan cabor eksibisi ini," ungkapnya.

Tambah Rima, "Iya dan waktunya sudah sangat mepet kalaupun menemukan atlet ke 5 diatas tanggal 20 tetap tidak akan berangkat karena persiapannya jelas sangat minim," paparnya.

Untuk diketahui, Terdapat empat negara yang ikut serata dalam ajang ASEAN Para Games 2023 Kamboja yakni diantaranya, Kamboja, Thailand, Filipina dan Malaysia. Untuk cabor esorts sendiri gelaran tersebut dimulai sejak kemarin 4 Juni hingga 5 juni 2023.