Esports

Jonathan Liandi Bagikan Tips Jago Public Speaking untuk Pro Player MPL

Billy Rifki
30/09/2024 23:52 WIB
Jonathan Liandi Bagikan Tips Jago Public Speaking untuk Pro Player MPL
Esports.ID, MPL Season 14

Menjadi gamer profesional atau pro player bukan cuma dituntut punya skill yang jago. Tapi sebagai seorang entertainer, mereka harus punya pembawaan, karakter dan komunikasi yang memadai. Alasannya karena sosok pro player dijadikan panutan bagi banyak orang, tak jarang mereka juga menantikan informasi dari sang idola dengan statement-statement atau kabar yang beredar di media.

Sebagai salah satu mantan pro player, Jonathan Liandi alias Emperor diakui punya kemampuan public speaking yang baik. Ia bisa menempatkan diri untuk berbicara di forum formal atau ketika bercengkrama dengan follower lewat stream-nya. Namun, sama seperti pro player MPL kebanyakan, ia awalnya tak tahu harus bersikap atau bicara seperti apa di media. Di tim esports pun kebanyakan tak membekali pemain dengan ilmu soal public speaking.

"Mungkin belajar pas di tim esports pasti belajar mandiri. Jadi ya memang sering-sering ngomong, sering ngomong. Jalan natural aja sih yang paling penting percaya diri," ujarnya saat ditanya soal darimana kemampuan public speaking-nya terasah.

Ia menekankan kalau MPL adalah panggung besar yang bisa mengubah seseorang menjadi sosok yang berbeda bila bisa memanfaatkan sorotan dari para penonton. Para pemain harus bisa menentukan "branding" diri mereka di depan kamera seperti apa.

Ia mencontohkan Aran, EXP Laner dari tim Liquid yang dikenal tengil dan suka melakukan taunting. Hal ini dilakukan Aran secara konsisten sejak ia masuk MPL. "Paling lebih ke PD sama harus tentuin dari awal kaya lu brandingnya mau ke arah mana. Contoh kalau misalnya yang sudah kelihatan public speaking oke banget tuh Aran. Dari awal dia sudah tahu kayanya mau tengil dan dia konsisten. Orang pun inget dengan dia, apalagi player baru yang mau dilihat di out game juga, kecuali fokusnya cuma mau main ya ngga salah juga," lanjut streamer yang dijuluki Duta Dark System ini.

Pada suatu masa, masalah public speaking dan komunikasi di MPL pernah dapat atensi khusus dengan sebuah sesi pembekalan singkat yang dilakukan jurnalis media game senior, Yabes Elia kepada para pemain MPL. Sayangnya, hal ini tidak diteruskan padahal bisa menambah value bagi pemain tersebut dan tentunya menjadikan sesi interview bersama host maupun media jadi lebih menarik.

Menurut kalian, perlukah pro player mempunyai public speaking yang bagus?