PT. Adidaya - Taiwan Excellence

Sempat Nyaris Tewas, Pembalap IndyCar Ini Kini Berlomba Di Esports

Rendy Lim
14/04/2020 18:30 WIB
Sempat Nyaris Tewas, Pembalap IndyCar Ini Kini Berlomba Di Esports
Salut nih Sobat Esports!

Bagi seorang olahragawan, untuk bisa bersaing dan mengikuti kompetisi adalah jalan hidup yang mereka cintai. Namun, dengan resiko yang ada di tiap perlombaan, tak jarang kenyataan merenggut hal terpenting dalam hidup mereka.

Seperti yang terjadi kepada Robert Wickens, pembalap IndyCar yang mengalami kecelakaan fatal di tahun 2018 lalu dan kini mengidap paraplegia atau ketidakmampuan menggerakan anggota tubuh bagian bawah (pinggul sampai kaki).


Pemuda 31 tahun ini beruntung masih diberikan kesempatan untuk hidup. Namun, sudah tak mungkin baginya untuk terjun kembali menjadi pembalap bila ia tak bisa menjalankan kendaraan pacunya. Beruntung, esports membantunya untuk kembali berkiprah. Peraih BBC Rising Star Award kini mengikuti INDYCAR IRacing Challenge, sebuah kompetisi balapan berbasis simulasi virtual.

Debutnya sangat mengesankan. Memulai balapan dari tempat terakhir, ia finish di urutan ke-8 dari 31 peserta. “Rasanya sangat luar biasa bisa berkompetisi lagi. Orang berpikir ini hanya sebuah permainan, tapi aku meyakinkanmu ini lebih dari itu. Aku tak akan berbohong, aku merasa kelelahan (berlomba di IndyCar IRacing). Secara mental, ini adalah salah satu kegiatan paling menegangkan yang pernah ku lakukan” tutur Robert dalam wawancara video kepada CNN.

Meski cuma balapan simulasi, namun pembalap tidak boleh berkendara asal-asalan karena alat simulasi menciptakan getaran yang sama layaknya mengendarai mobil balap sebenarnya. Robert mengatakan, bila kalian mengalami tabrakan, efek kejut dari tabrakan itu akan terasa ke kemudi kalian dan bisa menimbulkan cidera.

Robert telah melalui tahap rehabilitasi dan sudah menunjukan progress kesembuhan yang baik. Meski ia masih lumpuh, tapi ia sudah berhasil mengangkat dirinya untuk berdiri dalam pesta pernikahannya.

Wah kisah mas Robert patut ditiru nih sobat Esports, supaya kita tidak pantang menyerah melakukan hal yang kita cintai.