PT. Adidaya - Taiwan Excellence

Menpora Upayakan Esports Jadi Cabor Pekan Olahraga Nasional 2024

Billy Rifki
17/08/2020 17:11 WIB
Menpora Upayakan Esports Jadi Cabor Pekan Olahraga Nasional 2024
Press Conference kick off Piala menpora esports 2020 axis

Dalam sesi press conference Kick Off Piala Menpora Esports 2020 AXIS (17/8/2020), hadir Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali ditemani oleh Giring Ganesha selaku ketua pelaksana Piala Menpora Esports 2020 AXIS sekaligus presiden IESPL juga para perwakilan sponsor.

Selain membicarakan tentang turnamen gagasan pemerintah, Pak Zainudin menerima pertanyaan dari rekan media untuk membahas hal lain seputar perkembangan esports. Tim Esports.ID dapat kesempatan bertanya mengenai masa depan esports di Indonesia, dan mungkinkah cabang ini jadi salah satu agenda Pekan Olahraga Nasional atau PON di masa mendatang?

“Untuk agenda PON, cabang olahraganya sudah ditentukan untuk 2020-2021. Tapi kalau untuk 2024 karena belum ditentukan, kita upayakan masih bisa masukan esports dalam salah satu cabang yang dipertandingkan.” tutur Menpora.

Tentu, kabar ini patut disambut positif oleh putera-puteri daerah sebagai salah satu cara pembibitan bakat baru di ranah esports. Tujuan ini pun selaras dengan Piala Menpora Esports 2020 AXIS yang dimaksudkan untuk mencari wajah baru yang berprestasi dari kalangan pelajar atau anak muda pada umumnya.

Saat ini, Giring membeberkan total peserta yang sudah mendaftar mencapai 14.000 lebih. Para pelajar ini tidak akan dibeda-bedakan terlepas dari tingkat status edukasi yang mereka enyam. Meski beresiko menyebabkan disparitas skill antar peserta, namun pihak Piala Menpora menilai sistem ini lebih meningkatkan daya saing.

“Antusiasmenya memang luar biasa, memang nanti semuanya pertandingan jadi satu. Kita selalu bicara ini kepada para sponsor, pada Menpora, sama Pak Chandra kita diskusi dulu. Karena belum tentu mereka yang lebih muda kalah jago yang lebih tua.” Jawab mantan vokalis grup band Nidji.

Jadi nggak sabar nih menanti kiprah para pelajar tanah air di Piala Menpora Esports 2020 AXIS. Proses kualifikasi akan berlangsung tanggal 31 Agustus mendatang di mana tiap tim bakal bertarung sampai grand final. Partai puncak Piala Menpora Esports 2020 Axis digelar 3-4 Oktober mempertemukan 8 tim terbaik dari 4 kloter memperebutkan gelar juara.

Daerah mana yang bakal jadi juaranya yah?