GoPay Midnight Sale Promo

Sempat Tak Masuk Daftar, Esports Dipastikan Hadir di SEA Games 2021

Rendy Lim
15/10/2020 11:54 WIB
Sempat Tak Masuk Daftar, Esports Dipastikan Hadir di SEA Games 2021
Esports bakal kembali hadir di SEA Games 2021 nih Sobat Esports!

SEA Games, kompetisi olahraga yang rutin diadakan setiap dua tahun sekali ini akan kembali hadir di 2021. Pada 2019 kemarin, Filipina sebagai tuan rumah memasukkan esports sebagai salah satu cabang resmi yang dipertandingkan. Menariknya, Vietnam sebagai penyelenggara SEA Games 2021 juga akan mempertandingkan cabang olahraga elektronik ini. 

Berdasarkan vnexpress, Southeast Asia Games Federation Executive Committee baru saja mengabulkan usulan Vietnam untuk menambah empat cabang baru yakni triathlon, bowling, jiu jitsu, dan esports untuk SEA Games 2021. Pengumuman resmi tentang cabang baru tersebut akan diumumkan pada November mendatang. 

SEA Games 2019 Filipina

Doung Vi Khoa, wakil presiden dari Vietnam Recreational Esports Association dan kepala delegasi Vietnam Esports untuk SEA Games Filipina tahun lalu menyebut bahwa DOTA 2, Arena of Valor, dan Pro Evolution Soccer akan menjadi 3 dari enam game esports yang akan dipertandingkan dalam ajang SEA Games tahun depan. 

Vietnam sendiri berhasil membawa pulang tiga mendali perunggu untuk cabang esports di SEA Games 2019. Sementara Indonesia mengantongi dua medali perak yakni di game Arena of Valor dan Mobile Legends

Tahun lalu, enam games yang dipertandingkan di cabang esports adalah Arena of Valor, Mobile Legends, DOTA 2, Tekken 7, Starcraft II, dan Hearthstone. Kehadiran Pro Evolution Soccer dalam rencana Vietnam tentu akan menggeser empat game lainnya. Kira-kira game esports apa lagi yah yang akan dipertandingkan dalam SEA Games 2021 mendatang? 

Pemilihan esports sebagai salah satu cabang olahraga sendiri melalui perundingan yang cukup panjang. Awalnya, esports tidak termasuk dalam daftar cabang olahraga yang dirilis panitia penyelenggara. Keputusan ini menuai protes dari negara-negara peserta lainnya. IESPA pun membuat surat rekomendasi ke NOC Indonesia untuk mengajukan keberatan. Negara-negara peserta lain pun melakukan hal serupa ditambah dukungan dari AESF akhirnya menuai hasil menggembirakan dengan masuknya esports sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan.

SEA Games ke-31 ini rencananya akan berlangsung pada 21 November hingga 2 Desember 2021, kemudian disusul dengan Para Games pada 14 sampai 21 Desember 2021. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, akankah Indonesia mampu membawa pulang medali emas di cabang esports SEA Games tahun depan?