PBESI Siapkan Regulasi & Event Esports Nasional Dalam Waktu Dekat

Billy Rifki
26/11/2020 14:30 WIB
PBESI Siapkan Regulasi & Event Esports Nasional Dalam Waktu Dekat
Esports.ID Interview

Pengurus Besar Esports Indonesia alias PBESI sedang gencar menjalankan program esports mereka. Setelah 9 sampai 11 November kemarin sukses dengan Piala Pelajar yang diikuti sampai 10.000 lebih tim dalam lingkup Jabodetabek saja, PBESI sudah siap dengan berbagai agenda lain untuk membesarkan esports Indonesia.

Beberapa diantaranya diungkap oleh Ashadi Ang, selaku Ketua Bidang Humas & Komunikasi PB Esports sekaligus CEO Unipin Group. Setelah Piala Pelajar, Ashadi dan rekan-rekan di PBESI sedang menggodok Piala KONI, disusul dengan persiapan Liga Nasional di tahun depan, PON juga Timnas SEA Games.

Yamisok Nobar

"PR-nya banyak sekali kita butuh dukungan dari seluruh pihak. Liga Nasional, Sea Games, Piala KONI akhir bulan kayaknya selesai. Semua Kepala bidang lagi diminta bikin program kerja untuk tahun depan, termasuk anggarannya semua." ucap Ashadi.

Langkah dari PBESI ini untungnya dipermulus dengan dukungan dari pemerintah termasuk legislatif. Khususnya ketika esports diakui sebagai olahraga prestasi, PBESI telah melakukan pertemuan dengan DPR membahas regulasi soal esports yang bertujuan untuk perkembangan industri digital ini. "Minggu lalu dari PB sudah diundang untuk rapat dengar pendapat dengan DPR membahas olahraga nasional. Ini sudah masuk ke prolegnas yang mana akhir tahun ini harus disahkan. Kita ingin pesan dari Ketum dan Waketum adalah kita wajib melakukan regulasi undang-undang yang tidak boleh membatasi kreatifitas di bidang esports, tapi harus regulasi harus lebih sehat dan berkembang lagi" tambahnya.

Potensi epsorts sudah tercium positif oleh negara sebagai salah satu penggerak ekonomi di era 4.0. Bahkan, esports masuk dalam strategi prioritas yang juga masuk program kerja Pak Presiden Jokowi. Apalagi, esports tak cuma semata soal keuntungan tapi memberikan peluang bagi pemuda, khususnya para pelajar meraih impiannya.

Ashadi dan PBESI secara umum juga terkejut dengan antusias para pelajar yang membludak. "Kita melihat potensi mereka ngga amatiran banget loh. Artinya mereka perlu dipoles, perlu dibina, ini seperti berlian kan yang perlu di training keras ini akan bersinar." Wah, bakal lebih banyak lagi nih event yang sudah disiapkan PBESI.

Semoga kehadiran mereka benar-benar bisa meroketkan industri esports jadi lebih maju lagi ke depannya.