Simak Tips Buat Optimalkan Latihan Esports di Tengah Pandemi!

Rendy Lim
14/01/2021 12:30 WIB
Simak Tips Buat Optimalkan Latihan Esports di Tengah Pandemi!
Lebih optimal latihannya tatap muka atau jauh-jauhan sih?, Cover source: Acer

Pandemi Corona membuat perubahan besar di scene esports. Tidak hanya memaksa berbagai turnamen berlangsung secara online, perubahan juga terjadi ke sistem latihan para pemain. Apalagi, pemerintah kembali memberlakukan pembatasan untuk aktifitas yang ramai, membuat mabar atau latihan bareng di tempat umum semakin sulit. 

Peraturan baru ini membuat Sobat Esports yang sering melakukan mabar di cafe, warnet, atau tempat umum lainnya sulit menemukan waktu kumpul. Nah, kali ini tim Esports.ID akan membagikan beberapa tips agar kamu bisa memaksimalkan latihan bersama tim di tengah pandemi Corona. Yuk kita simak bersama:

Yamisok Nobar

 

Tingkatkan Komunikasi Tim Dengan Media Sosial

Peraturan social-distancing membuat para gamers sulit berkumpul di warnet atau cafe. Latihan yang biasanya berlangsung dengan tatap muka harus dialihkan ke online menggunakan media komunikasi seperti Discord. Meski efektifitasnya tidak akan sebagus bertemu langsung, kamu dapat membangun sinergi hingga pemahaman melalui berbagai aktifitas bersama dengan platform media sosial.]

Mulai dari menonton pertandingan bareng, membahas strategi, bermain games bareng, hingga pastinya latihan bersama. Berbagai fitur-fitur yang ditawarkan oleh platform media komunikasi saat ini tampaknya sudah cukup mengakomodir kebutuhan esensi para penggunanya. Apakah kamu salah satu yang juga memanfaatkan dengan baik platform ini untuk latihan bareng teman?

Akses Internet yang Memadai Itu Penting

Memiliki koneksi internet yang memadai sudah menjadi kewajiban untuk para pemain esports. Tak heran jika sebelum pandemi Corona, banyak gamers yang memanfaatkan cafe yang dilengkapi fasilitas internet cepat sebagai tempat nongkrong untuk latihan. Kehadiran I-Cafe juga menjadi salah satu alternatif untuk mereka pemain game PC atau Konsol.

Di masa pandemi ini mungkin ada lebih baiknya kamu berinvestasi untuk memasang koneksi internet sendiri di rumah, atau memilih provider yang punya jangkauan sinyal stabil. Ini tentu bisa membuat kamu bisa lebih nyaman dan tenang bermain di rumah, tanpa takut kehilangan koneksi. Terlebih, kamu akan aman dari potensi tertular virus di tempat umum. 

Meski belum selancar negara maju lainnya, koneksi internet di Indonesia bisa dibilang sudah cukup tersebar rata. Hal ini setidaknya bisa memberi akses bagi para gamer yang tinggal di pelosok kota atau tempat terpencil. Nah, apakah kamu sudah memiliki akses internet yang mumpuni untuk latihan esports bareng teman selama masa pandemi? 

Tambahkan Investasi Pada Perangkat Esportsmu

Sama halnya dengan internet, punya perangkat yang baik akan menunjang performa dan skill kamu dalam latihan. Tidak ada salahnya untuk berinvestasi pada perangkat baru seperti Smartphone Gaming, PC Gaming, hingga konsol terkini. Pastinya kamu perlu kenyamanan bermain yang baik agar tahan latihan dalam waktu lama bukan?

Namun perlu diingat, hanya beli atau investasi pada komponen yang esensial untukmu. Ibaratnya, sepasang sepatu bermerek dari desainer ternama tak akan bisa membuat atlet marathon dapat berlari dengan maksimal. Ketahui apa yang kamu perlukan dan hindari membeli barang yang hanya bersifat 'pajangan'. Setuju ga Sobat Esports?

Buat Jadwal dan Daftar Kegiatan Untuk Tingkatkan Performa

Punya teman untuk latihan sudah ada, internet dan perangkat bermain game esports sudah memadai. Kira-kira apa yang kamu perlukan lagi yah untuk memaksimalkan latihanmu di tengah pandemi ini? Jawabannya cukup mudah, yakni daftar laihan atau kurikulum yang jelas. 

Jika kamu bermain game esports multiplayer, latihan terus tanpa melakukan evaluasi mungkin tidak akan terlalu efektif. Luangkan waktu untuk berdiskusi dengan teman-temanmu pasca match untuk mengetahui kekurangan dan kesalahan yang dilakukan. Selain itu, kalian juga bisa menonton pertandingan bersama agar belajar strategi permain baru. 

Konsisten terhadap latihan tetap menjadi kunci utama agar performamu bisa meningkat. Terlebih bantuan rekan tim atau teman dalam mengevaluasi bisa membuatmu cepat tersadar dari kesalahan. Nah, kira-kira apa lagi yah yang bisa ditambahkan untuk tingkatin performa latihan esports kamu selama pandemi ini? Yuk tambahkan tipsmu sendiri di kolom kometar.