Esports

4 Latihan Jari Buat Gamer Agar Mobilitas Tangan Lebih Efektif!

Rendy Lim
23/06/2021 17:35 WIB
4 Latihan Jari Buat Gamer Agar Mobilitas Tangan Lebih Efektif!
Dicoba deh Sobat Esports, dijamin ampuh!

Tangan dan jari sangat berperan penting bagi para gamer. Latihan atau bermain game berjam-jam setiap harinya tentu akan memberi tekanan pada jari tangan hingga lengan. Jika dibiarkan, hal tersebut tentu akan berdampak pada reflek bermain, kesehatan tangan, hingga menyebabkan cedera. 

Pentingnya melakukan perengangan tangan atau olahraga disela-sela bermain sudah menjadi kewajiban untuk tetap menjaga kesehatan. Nah, bagi kalian yang belum mengetahui bagaimana latihan yang tepat untuk melakukan perengangan tangan setelah bermain game seharian, Riot Games baru saja membagikan tips nya. 

Yamisok Nobar

Dilansir dari Twitter League of Legends: Wild Rift, berikut adalah beberapa gerakan yang terinspirasi dari qingong dan yoga untuk mengurangi tekanan otot di tangan yang diakibatkan bermain game terlalu lama. Semoga bisa membantu para Sobat Esports yah!

  • Wrist Stretch

Gerakan ini ditujukan untuk merengangkan pergelangan tangan. Pertama-tama letaknya ujung jari kanan dan kiri kalian berhadapan satu sama lain. Kemudian rapatkan telapak tangan sehingga membentuk posisi berdoa. 

Tanpa melepas posisi tersebut, tekan ke bawah pergelangan tangan tanpa menurunkan siku sampai kalian merasakan tarikan dari lengan. Tahan posisi tersebut selama 15 detik dan ulangi beberapa kali. 

  • Peaceful Thumb Touch

Beralih ke olahraga jari yang penting agar kalian bisa menjaga reflek serta koordinasi jari tetap optimal ketika bermain game. Langkah yang dilakukan cukup sederhana yakni sentuh setiap ujung jari telunjuk, tengah, manis, serta kelingking ke jari jempol kalian. 

Ingat, jari lain yang sedang tidak bersentuhan dengan jempol harus berada di posisi tegak. Pertahankan posisi tersebut untuk tiap jari selama 20 detik dan ulangi gerakannya sesuai keperluan kalian.

  • Wide Stretch

Gerakan ini dimulai dengan meluruskan semua jari kalian serta merapatkannya. Kemudian buka jari-jari tersebut untuk melakukan perengangan sebisa kalian. Terakhir, lakukan gerakan mengepal untuk jari-jari tangan. 

Pertahankan posisi dari tiap gerakaan selama 20 detik. Ini dapat membantu perengangan terhadap otot-otot yang ada di dalam tangan kalian. 

  • Tendon Glide

Gerakan satu ini akan sangat membantu para gamer untuk mencegah terjadinya cedera lengan serta meningkatkan mobilitas otot tendon. Ada empat gerakan jari yang perlu kamu lakukan untuk latihan satu ini.

Pertama gerakan panah yakni menahan posisi jari kalian lurus ke atas. Kedua, tabletop yakni menggerakkan posisi jari ke arah horizontal sembari menahan telapak tangan tetap vertikal. Ketiga, claw, setelah posisi tabletop, tekuk jari-jari kalian sehingga membentuk seperti cakar. Terakhir, fist adalah membuat jari-jari kalian membentuk tinjuan. Seperti yang lain, pertahankan setiap posisi selama 20 detik yah. 

Bagaimana Sobat Esports, silahkan dicoba yah gerakan-gerakan tersebut! Semoga bisa membantu kamu merilekskan otot-otot tangan setelah game seharian.