Ini Alasan Pemilihan Game Ekshibisi Esports PON ke-20 Papua

Billy Rifki
19/08/2021 09:04 WIB
Ini Alasan Pemilihan Game Ekshibisi Esports PON ke-20 Papua
esports.id interview

Konferensi pers PON XX atau Pekan Olahraga Nasional ke-20 Papua diselenggarakan PBESI pada 18 Agustus kemarin di kantor pusat PBESI, Gandaria 8 Office Tower, Jakarta. Selain memperkenalkan Garudaku sebagai platform turnamen esports resmi untuk kualifikasi peserta PON XX Papua, perwakilan PBESI juga menginformasikan empat title game yang jadi cabor eksibisi esports. 

Dalam sesi tanya jawab dengan awak media, Sekjen PBESI Frengky Ong menjelaskan pemilihan game Free Fire, Mobile Legends dan eFootball PES 2021 menjadi titel yang dipertandingkan pada PON XX 2021 mendatang.

"Sebelum masuk ke olahraga yang diperlombakan dan medalinya diperhitungkan dalam PON, itu ada aturannya kita harus melewati eksibisi satu kali dulu. Jadi karena eksibisi, tentunya kami melakukan penyelenggaran dengan swadaya. Dalam hal ini kita bekerjasama dengan para game publisher untuk membiayai gamenya masing-masing. Jadi dalam hal ini PBESI hanya bersifat sebagai regulator dan penyelenggara eksibisi PON" terang Frengky.

Selain itu, PBESI juga punya landasan untuk memilih game berdasarkan genre terpopuler di Indonesia mulai dari Battle Royale, MOBA dan olahraga. Meski ada keinginan juga dari PBESI menghadirkan eksibisi untuk game PC, sayangnya keterbatasan infrastruktur PC mungkin menyulitkan bagi peserta-peserta di daerah nantinya.

Syarat lainnya dalam pemilihan game di PON XX Papua adalah volume pemain dari game tersebut harus cukup besar karena penjaringan peserta akan dilakukan di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota.

Untuk Lokapala sendiri sempat berhembus kabar tidak jadi diikutsertakan. Namun, PBESI menampik kabar tersebut dengan mengatakan kalau kerjasama antara PBESI dan Lokapala masih dalam pembahasan teknis.

Sebagai penutup, PBESI menegaskan kalau pihaknya terbuka untuk semua publisher game bila ingin ikut bekerjasama di PON XX Papua 2021 dan kalau ada game yang tidak bisa ikut serta, itu murni kehendak dari pihak publisher bukan dari PBESI.

Kualifikasi untuk PON XX Papua 2021 dimulai 18 Agustus dengan syarat harus mewakili daerah sesuai dengan KTP atau kartu identitas penduduk yang sesuai. Babak kualifikasi akan dimulai 26 Agustus sampai 5 September.

Itu dia alasan PBESI memilih empat game tersebut sobat Esports. Semoga setelah sukses jadi eksibisi, akan ada lebih banyak game dipertandingkan sehingga lebih banyak juga atlet-atlet daerah yang ikut serta di berbagai cabang.