Ini Dia 8 Game Esports yang Dipertandingkan di Asian Games 2022

Billy Rifki
09/09/2021 06:46 WIB
Ini Dia 8 Game Esports yang Dipertandingkan di Asian Games 2022
press release

Asian Electronic Sports Federation (AESF) akhirnya mengungkap daftar game esports yang akan dipertandingkan di Asian Games 2022, di Hangzhou, Cina. Ada 8 game yang dipilih untuk perebutan medali ditambah dua titel sebagai cabang demonstrasi.

Game yang masuk ke dalam daftar telah disepakati memenuhi ketentuan dan nilai-nilai olimpiade yang ditetapkan oleh AESF & Olympic Council of Asia (OCA).

Berikut adalah daftar 8 game yang akan dipertandingkan di Asian Games 2022:

1. Arena of Valor Asian Games Version
2. Dota 2
3. Dream Three Kingdoms 2
4. EA SPORTS FIFA branded soccer games
5. HearthStone
6. League of Legends
7. PUBG Mobile Asian Games Version
8. Street Fighter V

Untuk mempromosikan olahraga berbasis teknologi, maka dihadirkan dua cabang demonstrasi sebagai tambahan di Asian Games 2022. Gamee tersebut adalah:

1. AESF Robot Masters – Powered by Migu
2. AESF VR Sports – Powered by Migu

AESF menilai esports bukan sekedar permainan digital tapi juga punya peran edukasi dan hiburan. Di ajang Asian Games 2022, sejarah akan tercipta untuk kali pertama event esports termasuk dalam salah satu cabang yang memperebutkan medali.

Director General Olympic Council of Asia, Mr. Husain Al-Musallam mengatakan, "Kami berharap pengumuman ini memberikan waktu bagi tim peserta mempersiapkan diri mereka untuk babak kualifikasi yang akan datang. Kami yakin telah memenuhi semua unsur untuk menyajikan kompetisi tingkat tinggi dan menjanjikan tontonan menarik bagi para pengikut setia maupun penonton secara umum".

Presiden AESF, Kenneth Fok menambahkan, "Saya sangat bersemangat melihat semua akhirnya rampung da membawa kita selangkah lebih dekat melihat esports di ajang Asian Games 2022. Kabar ini bukan saja penting sebagai kontribusi dalam persiapan akhir game tersebut, tapi juga memberi peran besar bagi AESF yang telah menetapkan dan memperkenalkan sistem pemilihan titel game esports untuk event-event olimpiade berdasarkan syarat dan kriteria tertentu yang memenuhi nilai-nilai olimpiade" tutupnya

Jadi ngga sabar nih menantikan event esports di Asian Games 2022. Apalagi ini kali pertama esports memperebutkan medali, pasti jauh lebih bergengsi dari event olimpiade sebelumnya!