Seminggu Diangkat Jadi PLT Sekjen, Ibnu Riza Kini Ketua Umum IESPA

Billy Rifki
15/12/2021 11:22 WIB
Seminggu Diangkat Jadi PLT Sekjen, Ibnu Riza Kini Ketua Umum IESPA
esports.id interview

Sekitar seminggu yang lalu penulis berjumpa dengan mas Ibnu Riza di acara Yamisok Oxtrade Tournament di Highgrounds, Pantai Indah Kapuk. Beliau adalah sosok berpengaruh di dua asosiasi esports tanah air yakni PB ESI dan IESPA. Kami berbincang soal terpilihnya mas Riza sebagai PLT Sekjen IESPA yang ditunjuk langsung oleh Ketua Umum IESPA saat itu, Eddy Lim.

Karirnya sebagai Sekjen tidak berlangsung lama. Kemarin (15/12), lewat rapat kerja nasional IESPA, Ibnu Riza dipromosikan untuk jabatan baru yakni Ketua Umum IESPA.  Bagi Ibnu Riza, amanah ini jadi sebuah kehormatan apalagi ia punya cita-cita besar mengembangkan esports di Indonesia.

Sejak diangkat jadi PLT Sekjen waktu itu, Riza sudah melihat keuntungan dari peningkatan jabatan ini. Sebagai Sekjen, program kerjanya bisa terealisasi lebih cepat. Apalagi dengan posisinya sekarang sebagai Ketum, pengambilan keputusan tak perlu lagi mempertimbangkan birokrasi sana-sini.

" Keuntungan posisi ini pastinya bukan buat saya, keuntungannya buat program-program esports Indonesia khususnya IESPA. Kita menuju pengindukan pengurus besar esports Indonesia sebagai anggota, karena di olahraga prestasi ada PB ESI, di olahraga rekreasi kita punya IESPA. Makanya ini harus sinergi. Maka dari itu tugas saya sebagai Sekjen akan memfokuskan mulai dari program pengurus daerah dan nasional" ucapnya pada Jumat, 10 Desember lalu.

Sewaktu itu, Riza masih malu-malu mengatakan kalau dirinya akan menjadi Ketua Umum IESPA. Namun, dukungan dari banyak pihak dan kinerjanya bergerilya di berbagai kalangan esports membuat proses penunjukan Ibnu Riza sebagai Ketum berlangsung mulus.

Salah satu pencapaiannya selama mengabdi menjadi pengurus esports adalah berhasil menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah IESF Esports World Championship Ke-14 2022. Beberapa program dan target yang sudah ia siapkan sedari memikul amanah jadi Sekjen IESPA yakni akademi dan kurikulum ekstrakulikuler esports, sosialisasi esports agar imej di masyarakat semakin positif dan mendorong para atlet esports nasional untuk meraih prestasi di SEA Games, Asian Games dan World Champion.

Semoga masa depan esports Indonesia bisa lebih baik di tangan Ibnu Riza. Selamat mengemban amanah, selamat bertugas!