10 Turnamen Esports Terpopuler 2021, MPL ID Tiga Besar Dunia!

Billy Rifki
27/12/2021 14:21 WIB
10 Turnamen Esports Terpopuler 2021, MPL ID Tiga Besar Dunia!
escharts.com

Menuju pergantian tahun, 2021 dimeriahkan dengan banyak turnamen populer yang kembali digelar setelah absen akibat pandemi. Beberapa diantaranya bahkan sudah dilaksanakan offline walau masih dengan penonton terbatas.

Misalnya Free Fire World Series yang berlangsung Mei 2021 lalu menjadi turnamen LAN pertama Free Fire semenjak Covid-19 melanda. Lalu di Desember kemarin, Mobile Legends World Champhionship ketiga alias M3 juga berlangsung offline terbatas di Singapura. Uniknya, meski didominasi oleh turnamen berskala dunia, MPL ID season 8 berhasil merangsek jadi turnamen domestik yang cukup populer hampir mengimbangi world champhionship titel game lain. Berdasarkan data dari escharts.com, berikut adalah 10 turnamen esports terpopuler di tahun 2021!

DARI TOTAL HOURS WATCHED

Berdasarkan jumlah hours watched atau total jam tayang, World Champhionship League of Legends menjadi turnamen dengan jam tayang paling tinggi sebanyak 174,8 jam tayang. Jumlah ini menjadikan Worlds 2021 bukan saja turnamen terpopuler di tahun ini tapi juga memecahkan rekor sebagai turnamen dengan hours watched tertinggi sepanjang masa.

Salah satunya faktornya adalah kembalinya legenda LOL Faker bersama tim T1 yang sempat tidak lolos di tahun 2020. Faker dan T1 pernah menjuarai tiga kali kejuaraan dunia Worlds di tahun 2013, 2015 & 2016. Di Worlds 2021, T1 finish di peringkat 3-4.

Di urutan kedua turnamen esports terpopuler 2021, ada DOTA 2 dengan The International 10. TI10 berhasil ditonton kurang lebih sebanyak 107 juta hours watched. Angka ini 21% lebih tinggi dari TI sebelumnya.

Apalagi di tahun 2020 TI urung diadakan akibat pandemi sehingga para fans sangat antusisas menyaksikan kembali aksi tim DOTA 2 terbaik di dunia memperebutkan Aegis of Champhion. Plus, ada kiprah dua pemain Indonesia di tim T1 yakni Xepher dan Whitemon meski mereka cuma finish di peringkat 7-8, bersamaan dengan gugurnya juara TI sebelumnya yakni OG.

Hebatnya, liga esports dari Indonesia yakni MPL ID Season 8 menjadi turnamen esports terpopuler di urutan tiga, hampir mengimbangi dua kejuaraan dunia titel game esports besar seperti DOTA 2 dan LOL.

Meski cuma sekedar liga profesional domestik, fanatisme penggemar Mobile Legends di Indonesia cukup besar menyaksikan MPL, apalagi memang Indonesia dianggap sebagai kiblat dan pemilik tim-tim kuat MLBB dunia.

MPL ID Season 8 meraup jumlah hours watched sebanyak 76,94 juta, lebih tinggi dari kejuaraan dunia MLBB, M3 yang berakhir 19 Desember lalu yang memiliki 62 juta hours watched. Uniknya, MPL ID Season 7 juga termasuk sebagai turnamen esports terpopuler ke-9 dengan 54 juta hours watched.

Beberapa event lain yang juga cukup antusias di tahun ini adalah turnamen major CS:GO yakni PGL Major Stockholm dan Valorant Champhionship. Penikmat FPS akhirnya terobati dengan tontonan kelas dunia yang tersaji di dua event populer ini.

DARI JUMLAH PEAK VIEWERS

Hasil berbeda bisa kita lihat kalau mengganti filter berdasarkan peak viewers atau jumlah penonton tertinggi. Game mobile Free Fire merajai kategori ini dengan 5,41 juta viewers untuk turnamen FFWS 2021 yang terjadi pada round 1.

Angka ini mengalahkan Worlds LOL yang berada di peringkat dua dengan 4 juta peak viewers pada laga Edward Gaming melawan Damwon di grand final. Di ranking ketiga PUBG Mobile Global Champhionship juga ditonton oleh banyak fans yakni sebanyak 3,8 juta peak viewers.

Laga RRQ Hoshi dari Indonesia menghadapi ONIC PH di playoffs M3 membuat Mobile Legends berada di peringkat keempat turnamen esports dengan peak viewers tertinggi dengan 3,19 juta. Nilai ini melampaui rekor M Series tahun lalu antara Bren Esports melawan Burmese Ghouls di grand final yang berkisar di angka 3,08 juta peak viewers.

Itu dia 10 turnamen esports terpopuler di dunia tahun 2021 berdasarkan hours watched dan peak viewers. Semoga tahun depan situasi lebih baik sehingga lebih banyak fans yang bisa menonton event besar secara langsung maupun daring!