Fantastis! Jumlah Pemain Esports di Indonesia Capai 52 Juta Orang

Billy Rifki
06/01/2022 13:43 WIB
Fantastis! Jumlah Pemain Esports di Indonesia Capai 52 Juta Orang
teknologi.bisnis.com

Hasil kajian terbaru dari Vero, agensi komunikasi ASEAN bekerjasama dengan Decision Lab menghasilkan data terbaru dari riset mereka di Indonesia. Salah satunya adalah temuan jumlah pemain esports di Indonesia mencapai 52 juta orang di tahun 2021.

Strategic Planning Director Vero, Sasha Alwani mengatakan tujuan dikeluarkannya riset ini adalah untuk menelaah secara mendalam karakteristik dan perilaku para pemain dan penggemar esports Indonesia. Dengan mengetahui perilaku gamer esports tanah air, pemangku kepentingan seperti investor bisa mempelajari dan membuat keputusan yang tepat saat ingin terlibat dalam tren esports yang kian booming.

Berbeda dengan gaming, esports adalah olahraga elektronik berformat kompetisi dan biasanya memberikan hadiah uang bagi para pemenangnya. Sementara gaming lebih pada tujuan hiburan atau rekreasi.

Dari jumlah orang yang terlibat dalam esports tersebut, para KOL (Key Opinion Leader) bisa membangun dan mengembangkan komunitas yang sesuai dengan konten mereka. Kemudian brand atau merek berpeluang menciptakan sinergi yang dapat mendukung brand mereka dalam berkomunikasi dengan target konsumen.

Hasil riset dilakukan terhadap 470 orang Indonesia berusia 16-41 tahun dengan 3 kategori responden, yakni gamer, watcher dan streamer. Riset ini juga menunjukkan beberapa hal, antara lain:

Secara umum demografi komunitas Esports di Indonesia sebagian besar berada di ibu kota Jakarta, diikuti oleh Surabaya dan Medan, dengan kelompok usia 26-37 tahun. Sementara dari aspek distribusi gender, esport di Indonesia masih didominasi oleh pria yakni sebesar 53 persen, sementara wanita sebesar 47 persen.

Semua responden dari kategori yang berbeda setuju bahwa genre esport paling diminati adalah Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Watcher/streamer lebih menikmati game strategi kehidupan nyata. Mobile Legend dan PUBG mendominasi kategori sebagai permainan yang paling banyak dimainkan, ditonton, dan dijadikan streaming.

Brand esport yang paling populer di Indonesia adalah GameLoft untuk kategori pengembang game ternama dengan persentase sebesar 78 persen. DuniaGames sebagai platform berita game terpopuler dengan prosentase sebanyak 72 persen, serta Youtube Gaming untuk kategori platform streaming (84%) dan watching (91%) paling banyak digunakan.

Adapun dalam hal selebriti esport, responden dari semua kategori setuju bahwa EVOS Esports adalah pemain atau tim paling terkenal di kalangan komunitas, disusul RRQ di peringkat-2, sementara Jess No Limit memegang gelar sebagai streamer yang paling banyak ditonton.