Esports Akan Dipertandingkan di Commonwealth Games 2022!

faizalkamill
10/02/2022 16:30 WIB
Esports Akan Dipertandingkan di Commonwealth Games 2022!
Global Esports Federation

Organisasi Commonwealth Games Federation (CGF) dan Global Esports Federation (GEF) telah mengumumkan bahwa esports akan masuk ke Commonwealth Games 2022 sebagai event percobaan. Gelaran tersebut kemudian akan diberi nama Commonwealth Esports Championship yang akan mempertandingkan berbagai cabang esports terpopuler di dunia. Acara ini akan digelar pada 6-7 Agustus 2022 di International Convention Center di Birmingham Inggris.

Dikutip dari BBC, Commonwealth Esports Championship merupakan buah dari kerjasama antara CGF dan GEF pada tahun 2020 lalu. Dijalankan secara independen, pada event percobaan ini esports akan mendapatkan medali yang berbeda dengan olahraga tradisional lainnya yang ada di Commonwealth Games.

Ilustrasi event esports

Commonwealth Games adalah acara olahraga internasional yang mempertandingkan berbagai cabang olahraga. Acara ini diikuti oleh negara-negara yang sebelumnya merupakan bagian dari kerajaan Inggris. Acara ini pertama kali diadakan sejak tahun 1930 dan terjadi setiap empat tahun

"Commonwealth Esports Championship disetujui oleh Dewan Eksekutif CGF untuk diadakan pada saat yang sama dengan Commonwealth Games 2022 meski begitu acara ini akan diadakan secara independen dari program olahraga lain. Commonwealth Esports Championship akan memiliki branding, medali, organisasi, dan tata kelola yang terpisah, dipimpin oleh GEF dan komunitas mitra.” dikutip dari Global Esports Federation.

Esports apa saja yang dipertandingkan?

Meskipun acara ini masih berjalan secara independen, esports diharapkan bisa menjadi olahraga medali resmi dalam waktu 4 tahun mendatang. “Judul esports global multi-genre terkenal berada di tahap akhir konfirmasi dan akan segera diumumkan.” ucap GEF. Untuk saat ini baru DOTA 2 yang mendapat desas-desus akan menjadi 1 dari 3 judul esports yang akan dipertandingkan pada ajang tersebut.

Esports di Asian Games 2018

Menurut Federasi Global Esports, Presiden CGF Dame Louise Martin menyampaikan, "Saya senang bahwa kami mengumumkan Commonwealths Esports Championship pertama dan Forum Commonwealth Esports untuk berlangsung di Birmingham musim panas ini. Esports terus tumbuh secara dramatis dalam hal popularitas dan partisipasi, khususnya di antara kaum muda, dan kami terus melihat cara untuk mengeksplorasi bagaimana hal itu dapat menyelaraskan dengan Commonwealth Sports Movement."

Kepopuleran esports kini kian berkembang bersama olahraga tradisional lainnya. Sebelum Commonwealth Games, esports sudah menjadi ajang olahraga medali di Asian Games 2018 dan SEA Games 2019. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?