Kepala Pelatih Timnas Esports Belum Puas Hasil SEA Games 2021

Billy Rifki
31/05/2022 13:06 WIB
Kepala Pelatih Timnas Esports Belum Puas Hasil SEA Games 2021
esports.id interview

SEA Games 2021 Vietnam telah berlalu, Indonesia berhasil menduduki tiga besar peringkat overall medali. Namun, di nomor esports yang mengirimkan perwakilan di lima game yakni Free Fire, PUBG Mobile, FIFA Online 4, Cross Fire dan Mobile Legends, hanya dua nomor yang menyumbang medali emas. Adapun torehan lainnya yakni perak dari Mobile Legends, Free Fire dan PUBGM Solo serta perunggu dari Cross Fire.

Hasil ini meleset dari target yang ditetapkan timnas esports setidaknya lima medali emas. Namun, ada banyak pelajaran penting dan potensi yang bisa dibanggakan dari esports, terutama perjuangan para pemain yang mati-matian mendapatkan emas untuk Indonesia. Terkait hasil tersebut, kepala pelatih timnas esports Indonesia, Richard Permana mengaku belum puas dengan capaian di SEA Games.

"Belum, jauh dari kata puas. Banyak evaluasi, catatannya banyak untuk timnas kedepannya. Tapi dari PBESI totalitas supportnya luar biasa harusnya atlet sudah ngga usah mikirin apapun tinggal main aja. Lengkap dari A sampai Z supportnya mantap," ujar Richard saat ditemui di bandara Soekarno-Hatta.

Richard memberikan apresiasi kepada PBESI yang dari awal selalu setia memberi dukungan untuk timnas esports bahkan turut melobi panitia saat ada kendala di final SEA Games nomor MLBB.

Untuk selanjutnya, ia belum tahu apakah akan tetap dipercaya menjadi kepala pelatih untuk event yang akan datang. Di Desember tahun ini, akan ada kejuaraan dunia esports alias IESF 2022 World Esports Championships yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia.

Richard telah jadi bagian timnas Indonesia pada SEA Games 2019 dan menjadi kepada pelatih timnas pada SEA Games 2021. Mengawali karirnya sebagai pro player dan menjadi CEO tim NXL, Richard punya segudang pengalaman di bidang esports.

Kemampuannya memberikan motivasi dan mengenal seluk beluk game dari sudut pandang atlet membuatnya jadi sosok penting pengembangan pemain pada pelatnas SEA Games lalu.

Semoga di event selanjutnya timnas esports bisa mencapai target yang diharapkan!