Yamaha

Riot Games Kembali Gugat Moonton Karena Isu Copyright!

faizalkamill
10/05/2022 10:40 WIB
Riot Games Kembali Gugat Moonton Karena Isu Copyright!
Riot Games

Perusahaan pembuat game League of Legends, Riot Games, kembali menggugat pengembang game asal China, Moonton, perihal isu pelanggaran hak cipta (copyright) dari game Mobile Legends: Bang Bang terhadap game League of Legends dan League of Legends: Wild Rift. Dikutip dari Polygon, gugatan ini dilayangkan oleh Riot pada hari Senin kemarin (09/05) di Pengadilan Distrik A.S. Distrik Pusat California.

Sebelumnya, di tahun 2018 Riot Games sudah melakukan hal yang sama terhadap Shanghai Moonton Technology Co. perihal isu plagiarisme antara game League of Legends dan Mobile Legends: 5v5 MOBA. Riot saat itu menganggap Mobile Legends sebagai tiruan langsung dari League of Legends. Riot lantas memenangkan gugatan mereka dan mendapat ganti rugi sebesar 2,9 juta USD.

PT Media Esports Indonesia

Gugatan 2022

Lalu kenapa Riot kembali menggugat Moonton di tahun 2022? Menurut gugatan Riot, Moonton terlibat dalam "kampanye peniruan yang disengaja dan berkelanjutan", dan meniru aspek baru "Wild Rift" ketika Riot memperbarui gamenya. Riot menyatakan kesamaan permainan mulai dari desain karakter, kemampuan karakter, aksesori, hingga sisi promosi marketing yang dianggap ikut-ikutan.

tangkapan layar dari gugatan Riot Games

“Tindakan ini dilakukan untuk menghentikan Moonton dari melanjutkan kampanye yang disengaja dan berkelanjutan untuk tumpangan gratis pada hak-hak Riot yang sangat berharga dalam video game seluler League of Legends: Wild Rift dan konten terkait.” isi gugatan Riot. "Tindakan tiru-meniru ini harus dihentikan," tambah Riot.

Gugatan Riot mencatat bahwa setelah mengeluh ke Google dan Mobile Legends telah dihapus dari Google Play Store, Moonton diam-diam meluncurkan Mobile Legends: Bang Bang, “versi Mobile Legends yang diubah sedikit.” Sejak itu, “Moonton telah memperbarui MLBB untuk menyalin elemen ekspresif ekstensif dari Wild Rift, melanjutkan siklusnya untuk melakukan perampasan kekayaan intelektual Riot.”

Keluhan Riot ini didokumentasikan secara jelas dengan perbandingan kemiripan dari desain karakter, materi pemasaran, hingga reaksi komunitas yang menuduh Moonton menyalin karya Riot. Saat ini Riot Games sedang mencari pengadilan untuk menghentikan distribusi Mobile Legends: Bang Bang di Amerika Serikat.