Sony Akan Rilis PS5 Pro Akhir Desember, Specnya Gimana?

Billy Rifki
25/03/2024 20:05 WIB
Sony Akan Rilis PS5 Pro Akhir Desember, Specnya Gimana?

Sony tampaknya serius menghadirkan konsol terbaru mereka, PlayStation 5 (PS5) Pro, yang dijadwalkan akan dirilis pada akhir tahun 2024. PS5 Pro dijanjikan akan memiliki performa tiga kali lebih cepat daripada versi standarnya. Konsol satu itu dilaporkan akan dilengkapi dengan GPU yang lebih kuat untuk menangani tugas-tugas yang lebih berat, yang mungkin tidak dapat ditangani oleh model PS5 sebelumnya. Sony tentu tidak ingin PS5 Pro hanya sekadar menjadi nama di konsol andalannya.

Moore’s Law is Dead, seorang YouTuber kawakan berhasil mengklaim telah mengakses dokumen teknis untuk PS5 Pro. Meskipun kebenarannya masih diragukan, dokumen tersebut memiliki data yang cukup mengejutkan banyak pihak termasuk para penggemar konsol dan penggiat gaming hardware di dunia.

Dokumen tersebut mengungkapkan bahwa PS5 Pro akan memberikan peningkatan kinerja rendering sebesar 45% dibandingkan dengan PS5 biasa, terutama karena perubahan arsitektur RDNA AMD. Sony tampaknya akan mengadopsi chipset baru yang mirip dengan Radeon RX 7800 XT untuk PS5 Pro, yang dapat memberikan kinerja yang lebih baik untuk game ray-tracing daripada chipset AMD Radeon RX 6700 yang digunakan dalam PS5 biasa.

Selain itu, dokumen tersebut juga menyebutkan fitur PlayStation Spectral Super Resolution (PSSR) yang digunakan untuk meningkatkan kualitas gambar, serupa dengan teknologi DLSS milik Nvidia atau FSR milik AMD, yang diklaim dapat menjalankan game pada resolusi 8K.

Laporan dari Insider Gaming juga menyebutkan bahwa PS5 Pro mungkin akan memiliki memori sistem yang berjalan pada kecepatan 576 GB/s, 28% lebih tinggi dari PS5.

Untuk CPU, PS5 Pro akan menggunakan model yang sama dengan PS5 standar, tetapi dengan "Mode Frekuensi CPU Tinggi" yang meningkatkan clock hingga 3,85GHz, memberikan peningkatan kinerja sebesar 10% dibandingkan dengan PS5.

Desain PS5 Pro diperkirakan akan mirip dengan PS5 standar dengan drive disk yang dapat dilepas. PS5 Pro diharapkan akan dirilis pada November 2024, setelah Sony menguji devkit konsol ini sejak September 2023.