Eksibisi PON Esports

[Review] WD_BLACK SN850 NVMe SSD, Si Kecil Super Kencang!

Basitullah
17/12/2020 12:15 WIB
[Review] WD_BLACK SN850 NVMe SSD, Si Kecil Super Kencang!

Di era digital yang super canggih ini, aktivitas masyarakat semakin banyak saja dan mulai terlihat sulit sekali untuk dibendung. Multitasking kini menjadi suatu bagian yang tidak terpisahkan dan selalu menemani aktivitas masyarakat di setiap harinya. Untuk itu, ragam teknologi yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat makin digandrungi dan semua orang makin melek dalam memilah suatu produk yang mampu mendukung aktivitas multitasking mereka.

Salah satu teknologi yang kian berkembang dan menjadi sorotan masyarakat adalah Solid State Drive atau yang akrab disapa SSD. Sebuah perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian Integrated Circuit (IC) sebagai memori yang dipergunakan untuk penyimpanan data.

Yamisok Nobar

Kebetulan, Esports.ID kedatangan produk SSD anyar dari Western Digital (WD) yang begitu menggiurkan untuk diulas karena dirancang untuk para gamer, yaitu WD_BLACK SN850 NVMe. FYI, WD_BLACK SN850 NVMe ini merupakan salah satu dari 3 produk terbaru seri WD_BLACK yang telah diperkenalkan sejak bulan Oktober lalu. Seperti apa? Baca artikel ini sampai habis ya!

Spesifikasi WD_BLACK SN850 NVMe SSD:

  • Capacities: 500GB, 1TB, 2TB
  • Form Factor: M.2 2280
  • Dimensions (H x W x L): 2.38mm x 22.15 x 80.15 (Non-Heatsink) | 9mm x 23.60mm x 80.20mm (Heatsink)
  • Weight: 7.5g
  • Operating Temperature: 0 - 70 derajat celcius
  • Non-operating Temperature: -55 - 85 derajat celcius
  • Interface: PCle Gen4 8 Gb/s, up to 4 lanes
  • Endurance (TBW): 500GB = 300, 1TB = 600, 2TB = 1200
  • MTTF: 1.75M Hours
  • Supply Voltage: 3.3V +-5%
  • PS3 (low power)(mW): 250
  • PS4 (low power)(mW): 5
  • Peak Power (10us): 2.9
  • Operating Vibration: 5.0 gRMS, 10-2000 Hz, 3 axes
  • Non-operating Vibration: 4.9 gRMS, 7-800 Hz, 3 axes
  • Operating/Non-operating Shock: 300G @0.5 msec half sine
  • Certification: FCC, UL, TUV, KCC, BSMI, VCCI, C-Tick
  • Limited Warranty: 5 Year

Di atas kertas, WD_BLACK SN850 merupakan NVMe pertama dari WD yang menggunakan teknologi PCle Gen4 superior dengan kecepatan baca hingga 7000MB/detik, kecepatan tulis 5300MB/detik, dan kinerja hingga 1 juta IOPs (khusus model 1TB & 2TB). Hal ini memungkinkan Sobat Esports mendapatkan pengalaman gaming yang lancar, responsif dan begitu dahsyat pada game kelas AAA. Dibandingkan versi pendahulunya (WD_Black SN750 NVMe SSD), WD benar-benar melakukan peningkatan yang begitu signifikan di WD_BLACK SN850 SSD. Tak hanya upgrade dari PCle Gen3 menjadi Gen4, beberapa bagian pun ditingkatkan guna menghasilkan performa 2x lipat lebih besar, seperti Low QD (Queue Depth), implementasi SLC (caching algorithm), optimasi kontroler dengan NAND, serta firmware architecture.

Hasilnya tentu saja mencengangkan, performa WD_Black SN850 NVMe SSD 2 kali lipat lebih besar dibandingkan WD_Black SN750 NVMe SSD.

WD_BLACK SN850 NVMe hadir dalam bentuk standar M.2 2280 (lebar 22 mm dan panjang 80 mm) yang begitu ramping, ringan dan ringkas sehingga semakin mudah untuk memasukkan SSD ini ke dalam slot PC maupun laptop kamu. Bahkan, WD_BLACK SN850 NVMe SSD ini digadang-gadangkan dapat disematkan ke dalam PlayStation 5 loh nantinya, waw! Apakah benar?

Beralih dari isu tersebut, sesuai dengan tujuan pembentukan produk ini yang dikhususkan bagi para gamer, tentu RGB pun disematkan. Hanya saja, model RGB terbatas untuk produk dengan Heatsink yang memang ditujukan bagi gamer PC Enthusiast. Bukan berarti tanpa Heatsink tidak keren, kamu bisa lihat bagaimana penampilan dari WD_BLACK SN850 NVMe. Sesuai dengan namanya, tentu warna dasar dari SSD ini hitam. WD hanya sedikit menambahkan logo mereka di bagian atas SSD, menyematkan serial number dan barcode, serta sedikti memberi sentuhan warna oranye pada tulisan SN850 yang menggambarkan identitas dari SSD ini.

Dikarenakan kami mendapatkan SSD 1TB tanpa Heatsink, tentu tidak ada RGB yang disematkan. Berbeda dengan versi Heatsink yang tampak lebih berisi dan ada RGB kecil pada salah satu sisinya. Disamping itu, tentu kehadiran Heatsink ini berguna untuk mengatur panas pada SSD sehingga performa WD_BLACK SN850 NVMe di PC kamu menjadi lebih maksimal karena kondisinya yang tetap dingin.

WD tidak lupa menyediakan sebuah dashboard khusus yang berfungsi sebagai ruang kendali untuk memantau kondisi kesehatan WD_BLACK SN850 NVMe SSD ini. WD_BLACK Dashboard juga berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja SSD yang mengerahkan semua silinder untuk bekerja lebih keras selama mode game diaktifkan.

Saat mencoba memasang WD_BLACK SN850 NVMe ke dalam PC yang memang sudah support dengan SSD ini, tidak ada kendala sama sekali. Proses Plug & Play berlangsung dengan sebegitu mudahnya, hanya saja diperlukan baut tambahan untuk memperkuat proses pemasangan SSD. Jujur tim Esports.ID tidak menyediakan baut tambahan, sehingga di foto tampak WD_BLACK SN850 NVMe tidak terpasang dengan sempurna dan agak riskan copot. Tetapi sepanjang proses benchmarking tidak ada yang terjadi dan aman-aman saja meskipun tanpa baut untuk memperkuatnya.

Berikut hasil benchmark dari WD_Black SN850 NVMe SSD:

Jika melihat hasil dari benchmark, WD_BLACK SN850 NVMe SSD menghasilkan ekspektasi seperti yang dituliskan, dimana dalam performa maksimalnya SSD ini mampu menghasilkan kemampuan baca 7072MB/detik, kecepatan tulis 5439MB/detik, kinerja mencapai 1.067.764 IOPS read dan 726.880 IOPS. Tak perlu diragukan lagi, pengalaman bermain kamu menggunakan SSD ini bakalan super lancar!

KESIMPULAN

Selama menggunakan produk WD_Black SN850 NVMe SSD, tim Esports.ID hampir tidak menemukan adanya masalah yang berarti. Hanya pada saat pemasangannya saja yang memerlukan baut tambahan. Dari sisi performa dapat dikatakan WD_Black SN850 NVMe sangat memenuhi kebutuhan kami, karena telah menggunakan teknologi cache3 baru yang membantu mengurangi waktu loading pada game menjadi lebih lancar dan juga proses transfer file menjadi lebih cepat. Hanya saja, karena produk yang kami review tanpa Heatsink, dapat dipastikan bahwa WD_Black SN850 NVMe SSD akan lebih maksimal lagi performanya, karena mampu menekan hawa panas lebih baik dibandingkan yang tanpa Heatsink. Karena kami belum memegang barangnya, kita tunggu saja yah kehadirannya.

Dapat dikatakan, WD_Black SN850 NVMe SSD benar-benar menjadi solusi pengganti HDD yang sangat maksimal, karena memiliki storage yang besar dengan kecepatan baca, tulis maksimal dan kinerja yang maksimal. Meskipun demikian, Sobat Esports perlu mengocek kantong lebih dalam ya untuk mendapatkan produk ini. Meskipun terbilang murah di kelas SSD, kisaran harga WD_Black SN850 NVMe SSD ini dimulai dari IDR 2.488.000 (MSRP IDR).

Informasi lebih detail, Sobat Esports bisa langsung kunjungi www.WDBLACK.com.

Bagaimana menurut kamu, tertarik beralih ke WD Black SN850 NVMe SSD?