[Review] WD Black SN750 SE NVMe, Performa Kencang untuk Gamer!

Michael
25/10/2021 16:57 WIB
[Review] WD Black SN750 SE NVMe, Performa Kencang untuk Gamer!
WD_Black SN750 SE NVMe

Peran SSD dewasa ini semakin tak tergantikan dan menjadi keharusan untuk meningkatkan performa PC atau laptop. SSD mempercepat komputer secara signifikan karena waktu akses baca yang rendah dan throughput yang cepat yang tentunya sangat penting untuk gamer.

Kali ini Tim Esports ID akan membahas produk SSD andalan Western Digital, WD Black SN750 SE NVMe 1TB, yang digadang bakal bisa memaksimalkan kinerja device kalian para gamer!

Yamisok Nobar

Design dan Spesifikasi WD Black SN750 SE NVMe
Seperti design SSD pada umumnya, WD Black SN750 SE NVMe sangat ramping dan ringan. SSD ini juga tersedia dalam tiga ukuran, yakni 250GB, 500GB dan 1TB dan diklaim memiliki kecepatan membaca (read) hingga 3.600MB/s dan menulis (write) up to 2.830MB/s. Kecepatan ini tentu membuat perfoma PC kalian meningkat tajam, terutama saat loading game-game yang berat.

Spesifikasi lain yang diemban oleh WD Black N750 SE ini adalah menggunakan Phison PS5019-E19T dan interface PCIe 4 x4. Mereka juga menggunakan NAND Flash SanDisk 64-layer 3D TLC.

WD juga menyiapkan software yang diberi nama WD Black SSD Dashboard, pendukung untuk meningkatkan performanya. WD tak lupa menyematkan fitur gaming yang bisa meningkatkan performa. Disini juga bisa dilihat performa SSD seperti temperature dan sisa ruang penyimpanan serta update firmware.

Menguji Performa WD Black SN750 SE NVMe

Tim Esports ID menguji performa WD Black SN750 SE NVMe dengan menggunakan Crystal Disk Mark dan Atto disk Benchmark. Hasilnya bisa dilihat langsung di bawah ini:

Performa yang dihadirkan WD Black SN750 SE NVMe tidak berbeda jauh dengan yang dijanjikan. Kecepatan baca WD Black SN750 SE NVMe mampu mencapai 3487MB/s, sedangkan kecepatan tulisnya di angka 2838MB/s.

Pengujian kedua adalah dengan menggunakan aplikasi ATTO Disk Benchmark untuk mengetes ketahanan dan kecepatan baca-tulis dari WD Black SN750 SE. Hasilnya SSD ini mendapatkan angka yang cukup stabil, yakni 3,10GB/s untuk baca dan 2,09 untuk tulis.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil pengujian di atas, kami menyimpulkan WD Black SN750 SE NVMe sangat bisa diandalkan. Proses pemindahan data dengan kecepatan baca-tulis akan meningkatkan performa PC menjaga kenyamanan bermain game. Proses render dan pemindahan data pun akan membuat game lebih smoth ketika dimainkan atau loading perpindahan peta /map. Dashboard yang disediakan pun terbilang cukup memudahkan kami untuk memonitor penggunaan SSD.

WD Black SN750 SE NVMe 1TB dibandrol pada kisaran harga 2,8 juta. Untuk layanan purna jual, WD juga menyertakan garansi 5 tahun.

Gimana Sobat Esports, siap untuk upgrade HDD-mu ke WD Black SN750 SE NVMe?