UMA jadi Pemenang Capcom Cup X 2024 di Game Street Fighter 6

Aldodanoza
26/02/2024 20:40 WIB
UMA jadi Pemenang Capcom Cup X 2024 di Game Street Fighter 6
UMA yang memiliki ciri khas dengan petarung Juri, berhasil mendapatkan juara pertama Capcom Cup X, 26 Februari 2024 / Capcom

Capcom Cup X adalah turnamen esports kelas dunia yang disuguhkan kepada gamer Capcom pada 22-26 Februari 2024 ini di Hollywood, California, Amerika Serikat. Pemain asal Taipei yakni Wang Yuan-hao atau dikenal sebagai UMA, berhasil meraih hadiah hingga 1 Juta USD (15.6 Miliar Rupiah) dengan menggunakan Juri sebagai karakter utamanya di Street Fighter 6.

UMA yang merupakan nama panggung di skena esports Street Fighter 6 dengan UserID 'UMA327' berhasil mengalahkan secara telak pemain asal Hong Kong yakni Chris Wong sebanyak 3-0, membungkus sesi turnamen yang diselenggarakan selama lima hari di sejarah esports Street Fighter 6.

"Aku sangat berterima kasih kepada keluargaku dan komunitas (Street Fighter) Taiwan atas dukungan mereka. Aku tidak dapat memenangkan kejuaraan ini tanpa adanya mereka," jelas Wang. Namun pemain asal Taipei tersebut tidak mengetahui bahwa hadiah yang diberikan dari Capcom untuk turnamen Capcom Cup X ini yakni pundi hadiah miliaran. "Harusnya aku mengambil turnamen ini ketika diumumkan bahwa hadiah uang di pertandingan ini adalah 1 Juta USD," lanjut Wang ketika ditanya demikian.

Ini adalah turnamen terkini dengan hadiah tertinggi di sejarah Capcom setelah suksesnya Capcom Pro Tour pada 2023 lalu, dimana turnamen tersebut dihadiri oleh 48 pemain dari mancanegara, serta UMA menjadi satu-satunya pemain asal Taiwan.

Sesi turnamen yang diselenggarakan selama lima hari tersebut merupakan tiga hari group stage dengan UMA yang berhasil mendapatkan skor 4-1, serta pada quarterfinal UMA malah mendapatkan kemenangan beruntun, termasuk dogfight melawan Chris Wong dengan skor 3-2 pada 26 Februari 2024 ini.

Chris Wong yang merupakan lawan pada final Capcom Cup X melawan UMA tersebut menghabiskan waktunya sebagai pekerja kantoran, dan ia tidak menganggap dirinya sebagai gamer full-time seperti atlit pada umumnya. Berlatih selama empat jam per hari pun ia lakukan, dengan sparring bersama UMA untuk tetap bisa fokus di skena kompetitif.

Di lain hal, UMA adalah pemain aktif Street Fighter sejak 2017, dimana dirinya sempat memenangkan turnamen di tahun lalu yakni CPT 2023 World Warrior: Asia East Regional Final, dengan kemenangan melawan Chris Wong dan mendapatkan pundi hadiah 3.500 USD (54 Juta Rupiah.)