Eksibisi PON Esports

Terkena Tuduhan Pelecehan Seksual, Pemain Valorant Ini Kena Skors!

faizalkamill
11/03/2021 10:10 WIB
Terkena Tuduhan Pelecehan Seksual, Pemain Valorant Ini Kena Skors!
Sinatraa/Blizzard Entertainment

Mantan pemain profesional Overwatch yang kini bermain di skena Valorant, Jay “Sinatraa” Won baru-baru ini mendapatkan tuduhan pelecehan seksual yang datang dari mantan pacarnya yang bernama Cleo Hernandez. Dalam dokumen sepanjang 9 halaman yang dibagikan di media sosial Twitternya, Cleo menceritakan detail serta kronologi dari pelecehan yang sang mantan pacar lakukan lengkap dengan bukti berupa tangkapan layar dan file audio.

Alasannya membuka hal ini adalah karena menurutnya setelah hubungannya berakhir Sinatraa terus membagikan rumor palsu tentang dirinya ke banyak orang. Dia juga tampaknya melakukan hal ini dalam rangka penyembuhan diri setelah trauma yang didapatkannya dari hubungan selama 9 bulan yang tidak menyenangkan tersebut. Lalu, apa yang sebenarnya terjadi?

Yamisok Nobar

Berdasarkan kesaksian dari Cleo dalam dokumen tersebut, dikatakan bahwa Sinatraa sering memaksa dirinya untuk melakukan hubungan seksual tanpa kesediaan kedua belah pihak. Dikatakan bahwa Cleo seringkali menolak untuk berhubungan namun tidak diindahkan bahkan setelah beralasan sekalipun. “Terkadang dia berpura-pura menerima alasan yang aku berikan, tetapi kemudian dia memintaku untuk menciumnya dan aku tidak masalah namun kemudian dia melakukan lebih dan lebih lagi sampai pada akhirnya kami berhubungan. Aku sudah mencoba untuk berkata tidak tapi dia tidak peduli." Ucap Cleo.

Dalam dokumen tersebut juga Cleo membagikan file audio (peringatan: file ini mungkin dapat membuat anda tidak nyaman) dari percakapannya dengan suara yang diduga Sinatraa. Dalam rekaman singkat itu bisa terdengar bahwa sang wanita (Cleo) menolak untuk berhubungan dengan sang pria (Sinatraa). Meski sudah beberapa kali berkata tidak, permintaan dari sang wanita tidak dipedulikan. Cleo mengatakan bahwa kejadian itu terjadi berulang-ulang kali selama masa hubungannya yang hanya berlangsung selama 9 bulan. “Aku ingat suatu hari dia sedang ingin berhubungan tetapi aku tidak punya alasan yang kuat jadi aku pasrah saja, berbaring menatap langit-langit.” Ucap Cleo. “Terkadang aku hanya berkata ‘iya’ dan berbaring sampai dia selesai daripada harus melawannya dengan kata ‘tidak’ [...] Aku seharusnya lebih melawan, aku seharusnya mendorongnya secara fisik tapi saat itu dia adalah pacarku. Aku tahu jika aku melawan dia akan meninggalkanku jadi aku tidak melawan begitu kuat.” Tutupnya.

Sentinels Sinatraa

Perlakuan yang kurang pantas dari Sinatraa ini menempatkannya dalam kondisi tertekan baik secara fisik dan mental. Hal ini bahkan masih terjadi setelah hubungan berakhir. Cleo mengatakan bahwa dia harus menjalani banyak terapi untuk menyembuhkan dirinya dan dia juga sering mengalami mimpi buruk atas kejadian tersebut. Cleo juga menambahkan bahwa meski hubungannya sudah berakhir Sinatraa masih sering membagikan rumor palsu tentang dirinya kepada teman-temannya dan oleh karena itu dia melakukan klarifikasi.

Untuk saat ini Sinatraa yang merupakan bagian dari tim Valorant Sentinels masih belum angkat bicara terhadap tuduhan ini. Organisasi Sentinels sendiri sudah angkat bicara bahwa mereka akan melakukan investigasi internal dan akan menskors Sinatraa sampai investigasi berakhir. Senada dengan hal tersebut pihak Valorant Championship Tour NA juga baru saja membuat pengumuman bahwa mereka juga melakukan investigasi dan selama itu Jay "Sinatraa" Won akan diskors sehingga dia tidak bisa bermain di Valorant Masters NA yang akan diadakan minggu ini. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?