Ini Dia Deretan Komposisi Agent Valorant Terbaik di Musim Ini!

Dandesignlab
22/03/2022 11:52 WIB
Ini Dia Deretan Komposisi Agent Valorant Terbaik di Musim Ini!
Esportsid

Gim multiplayer FPS besutan Riot Games, Valorant, telah memiliki berbagai macam Agent untuk digunakan oleh para pemain. Variasi kemampuan dan potensi yang ditampilkan oleh setiap Agent pun kerap berubah tergantung pada berbagai kondisi permainan. Sementara itu, sinergi yang tepat pada Agent cukup berperan penting untuk memaksimalkan komposisi tim di level kompetisi tingkat tinggi. 

Sebagian besar komposisi tim akan bertumpu pada kemampuan masing-masing Agent yang bersinergi kuat dalam pertandingan. Adapun komposisi yang berbeda harus disesuaikan dengan kondisi, seperti mempertahankan site dan men-defuse Spike, atau mendobrak site untuk memenangkan putaran dengan cara memasang Spike disite lawan. Komposisi tim yang optimal dapat memudahkan tim mendominasi di Valorant.

Nah, pada artikel ini tim Esports ID telah merangkum beberapa komposisi Agent terbaik berdasarkan map yang tersedia di Valorant! Penasaran apa saja? mari kita simak:

Ascent

Kay/O, Killjoy, Astra, Sova, dan Jett adalah komposisi tim yang direkomendasikan pada map ini. Pasalnya, Ascent merupakan map yang cukup berat untuk sisi Defender. Oleh karena itu, Kemampuan Killjoy yang baik dalam bertahan sangat penting untuk kesuksesan tim. Apalagi dengan adanya Kay/O sebagai Agent yang berkemampuan untuk mengunci ability lawan secara area, dapat membuat pihak Attacker ketar-ketir untuk mendobrak site. 

Disisi lain, Sova dapat memperhitungkan posisi lawan ketika mereka sedang bersembunyi dibalik objek atau smoke. Dengan adanya informasi penting tersebut maka akan memudahkan rekan satu tim untuk menguasai medan perang. Sebagai pelengkap, Smoke Astra yang sangat solid dapat melumpuhkan beberapa area lawan yang dianggap berbahaya. Sementara untuk Duelist-nya, Jett masih dapat digantikan dengan Duelist lain seperti Reyna ataupun Yoru yang saat ini tengah OP berkat reworknya. Tetapi, Jett yang memiliki mobilitas tinggi akan jauh lebih ideal bila dikombinasikan dengan Operator yang kompeten!

Bind

Brimstone, Viper, Raze, Cypher, dan Sova adalah skuad terbaik jika berada di map Bind. Mengingat Bind membutuhkan banyak Agent mobilitas untuk melakukan rotasi yang cepat, penggunaan dua Controller Viper dan Brim telah menjadi andalan populer yang dilakukan oleh para pro player dikompetisi. Disisi lain, tidak akan ada rekan yang kehilangan informasi lawan dengan adanya duet Cypher x Sova di map ini.

Sebagai Duelist, Raze menjadi Agent yang paling cocok berada di map ini. Selain memiliki area yang cukup luas, Raze memiliki potensi yang dapat membuat beberapa kekacauan ketika sedang melakukan teamfight besar. Seperti yang kita ketahui, Raze dapat melompat sesuka hati dengan Satchel Jump-nya dan menumbangkan seluruh lawan dengan Bazooka pamungkasnya!

Breeze

Jett, Viper, Sova, Skye, dan Killjoy telah menjadi komposisi tim yang patut dicoba untuk map Breeze. Dengan area yang cukup luas, map ini cukup membutuhkan kesabaran untuk menguasai segala medan. Umumnya, Sage dapat dipilih untuk memanfaatkan Barrier Orb-nya untuk menghalangi situs Defender. Namun, Viper juga masih memiliki potensi yang tepat untuk menyerang maupun bertahan.

Haven

Sejauh ini, Haven telah menjadi satu-satunya map yang memiliki tiga situs bom. Maka dari itu, komposisi yang tepat untuk map luas ini adalah Killjoy, Jett, Skye, Astra, dan Sova. Mengetahui Haven adalah map yang sulit untuk dimainkan, Utilitas Killjoy akan sangat berguna untuk memberikan informasi disetiap site. Bahkan, Astra masih berperan baik untuk membantu bertahan atau menyerang. 

Jett sebagai Duelist yang dapat beradaptasi disegala kondisi masih menjadi alasan kenapa ia cocok untuk digunakan di map ini. Pasalnya, Jett dapat bergerak dengan cepat untuk memasuki berbagai wilayah site.

Icebox

Pasca reworknya dipatch teranyar Valorant, Icebox telah menjadi map favorit pemain pro dipenjuru dunia. Umumnya, Agent penting yang harus hadir dalam map ini adalah Viper, Sova, dan Sage. Namun, Chamber dan Jett dapat juga menjadi pilihan yang ideal.

Pada meta post-plant dipatch sebelumnya, Viper dan Astra telah menjadi Agent yang populer di map ini. Utilitas mereka yang cenderung  berdampak area dapat berfungsi cukup baik untuk memenangkan permainan diberbagai kesempatan. Perlu diingat, Icebox telah menjadi seimbang dalam hal menyerang maupun bertahan pada patch ini. Jadi dapat disimpulkan bahwa memiliki Agent yang memiliki kemampuan bertahan seperti Sage dan Chamber atau menyerang seperti Jett dan Sova juga sangat dibutuhkan sebagai penyeimbang pada map ini.

Split

Omen, Jett, Sage, Raze, dan Cypher adalah komposisi yang paling bersinar di map terakhir ini. Cypher dan Sage yang dapat menghalangi beberapa area sangat bermanfaat untuk mempertahankan site yang aktif. Disisi lain, Split adalah map yang secara mayoritas mengandalkan pertarungan mid-control untuk akhirnya mendominasi map. 

Sebagai Attacker, Omen dan Jett adalah Agent terbaik untuk mendapatkan posisi yang strategis. Namun jika itu belum cukup efektif, cukup mengandalkan Raze yang dapat memorak-poranda kan wilayah dengan mudah.

Begitulah rangkuman dari tim Esports ID mengenai komposisi Agent terbaik disetiap map. Komposisi yang mana nih yang menjadi favorit kalian? jangan lupa komen di bawah ya sobat!