Format VCT Challengers Indonesia 2023 Split 1 Terungkap!

Dandesignlab
13/01/2023 20:14 WIB
Format VCT Challengers Indonesia 2023 Split 1 Terungkap!
VALORANT Esports Indonesia

Format turnamen untuk VCT Challengers League Indonesia 2023 Split 1 telah terungkap. Hanya akan terdapat 4 tim qualifier yang tergabung ke final qualifier di mana keempat tim tersebut nantinya akan menghadapi 4 tim undangan yang telah terkunci yaitu BOOM Esports, Bigetron Arctic, Alter Ego Esports, dan DEWA United Esports, untuk melaju ke playoff dan memperebutkan gelar juara split 1.

Format VCT Challengers Indonesia 2023 Split 1

Split 1 VCL ID 2023 akan dimulai dengan dua fase qualifier. Tahap pertama qualifier menggunakan sistem single-elimination BO3 untuk mendapatkan 8 tim terbaik bersaing di qualifier tahap dua.

Fase qualifier berikutnya berbeda dari tahap pertama. Qualifier 2 akan bergulir dengan sistem double-elimination bracket BO3 untuk menyisakan 4 tim saja yang akan terkualifikasi ke main event melawan 4 tim undangan.

Final qualifier merupakan regular season dari VCL ID Split 1 2023. 4 tim qualifier dan 4 tim undangan akan bersaing dalam format round-robin (liga) BO3 selama 7 minggu dan hanya mengambil 6 tim terkuat di klasemen yang akan melaju ke playoff (main event).

Playoff akan beranjak dengan sistem double-elimination bracket di mana setiap tim nya akan ditempatkan sesuai dengan perolehan poin dari regular season. Format BO3 masih akan digunakan hingga semifinal, sementara babak final dan grand finalnya bergulir dengan sistem BO5.

Kesimpulan

Secara garis besar, format VCL ID Split 1 2023 dapat dipahami dengan mudah lantaran memiliki format umum yang telah digunakan pada berbagai turnamen. Split 1 hanya akan memberikan para tim hadiah utama saja kepada tim jawara yang menang, dan belum akan ada satu tim yang melaju ke APAC.

Pasalnya, Split 2 merupakan penentuan bagi setiap tim, termasuk Indonesia, melaju ke turnamen Ascension Pacific. Seluruh tim Challengers terbaik dari berbagai wilayah di Asia akan bertanding di Ascension League untuk memperebutkan slot liga international tahun 2024.