VCT 2024 Perkenalkan Champions Point dan Turnamen Baru!

faizalkamill
24/08/2023 17:00 WIB
VCT 2024 Perkenalkan Champions Point dan Turnamen Baru!
VALORANT

Riot Games baru saja mengumumkan beberapa perubahan besar di VALORANT Champions Tour 2024. Beberapa perubahan ini meliputi turnamen baru, perubahan jadwal turnamen, hingga fitur sistem baru yaitu Champions Point.

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang seluruh perubahan di VALORANT Champions Tour (VCT) 2024.

VALORANT

Apa itu Champions Point?

Riot mengumumkan bahwa di tahun 2024 VALORANT esports akan menerapkan sistem poin baru yang berfungsi untuk mengukur performa sebuah tim sebagai metode kualifikasi ke turnamen internasional. Nantinya setiap tim di liga internasional bisa mengumpulkan poin di sepanjang musim dengan peringkat teratas akan mendapat poin terbanyak.

Tim dengan Champions Point tertinggi dapat otomatis lolos ke turnamen internasional seperti Masters dan Champions. Di musim 2023, tim bergantung pada peringkat akhir klasemen untuk bisa lolos ke ajang internasional. Contohnya T1 yang otomatis lolos ke Champions 2023 setelah mengakhiri turnamen VCT Pacific League di posisi 3.

Dengan hadirnya Champions Point, tim-tim lain bisa beradu dalam poin untuk lolos ke turnamen internasional. Misalnya jika sebuah tim berakhir di posisi pertama di Split 1 tetapi berakhir di posisi 5 di Split 2, mereka masih memiliki kesempatan untuk lolos ke turnamen internasional lewat Champions Point.

Peraturan lebih lengkap tentang Champions Point akan diumumkan lebih lanjut oleh Riot di masa mendatang.

Turnamen baru di VCT 2024

Di VCT 2024 akan terdapat beberapa turnamen baru seperti turnamen KICK-OFF, 2 turnamen Masters (Masters Madrid & Masters Shanghai), 2 liga internasional, dan 3 turnamen Challengers.

Selain daripada itu, akan ada region baru yang bergabung di liga internasional setelah EMEA, Americas, dan Pacific yakni China. China akan menjadi region liga internasional independen yang nantinya bisa bergabung ke turnamen internasional sebagai wilayah baru.

Dengan hadirnya Champions Point, tidak akan ada turnamen Last Chance Qualifier (LCQ) sebab tim kini bisa langsung lolos ke turnamen internasional menggunakan poin tadi.