Esports.ID

[Dueling Fates] Dua Hero Baru, Dua Nasib Berbeda

Billy
02/11/2017 14:30 WIB
[Dueling Fates] Dua Hero Baru, Dua Nasib Berbeda
google

Pangolier, si ahli berpedang, dan Dark Willow, sang peneror lugu, baru saja dirilis tepat tanggal 1 November kemarin. Sudah banyak pemain yang mencoba kedua hero terbaru dari Patch 7.07 'Dueling Fates', baik itu dari profesional gamer maupun para pemula. Namun, sehati dengan tagline update anyarnya kali ini, takdir dua hero ini pun dalam matchmaking ternyata memang bernasib beda loh!

  • Pangolier : Seru tapi ga bikin menang

Kalau hanya mau main lucu-lucuan saja, hero ini sepertinya pilihan cocok untuk digunakan. Bisa menggelinding jadi bola terus nabrak musuh-musuh atau lari dari gank merupakan pengalaman yang cukup seru ketika main Pangolier. Kamu mungkin juga belum terbiasa dengan mekanik baru yang terdapat di skill 1-nya, Swashbuckle yang dinamakan Vector targeting. Dengan mekanik ini, kamu bisa menghindar, atau menyerang musuh dari sudut yang berbeda untuk mengeluarkan kerusakan lebih optimal.

Cara kerjanya, bayangkan saja kamu menggunakan burrowstrike Sand King, namun tidak langsung melepas stunan, melainkan tahan klik kiri di mouse untuk mengeluarkan Vector Targeting. Setelah petunjuknya keluar, kamu bisa memilih untuk bergerak dan menyerang ke arah tertentu. Mekanik ini cukup keren dan menjadi pembeda, tapi jangan senang dulu karena meskipun keren dan banyak di pick, belum banyak pemain yang bisa menang menggunakan Pangolier.

Persentase pickrate mencapai 44%, ternyata winrate Pangolier cuma menyentuh angka 37,15%. Sebagai catatan, angka itu adalah winrate terendah dari 100 hero lebih yang ada di DOTA 2. Bahkan masih kalah sama winrate IO (38,25%) ataupun Chen (42,32), yang sebenarnya jauh lebih susah dibandingkan Pangolier. Mungkin karena hero ini belum teridentifikasi peran apa yang cocok, jadi para pemain lebih minat coba-coba sehingga hasilnya pun kalah.

  • Dark Willow, Calon Hero Cancer Terbaru

Berbeda dengan Pangolier yang sering kalah namun banyak di-pick karena seru, maka sebaliknya banyak pemain malah enggan ketemu Dark Willow karena asli ngerepotin banget! Selain dikarenakan belum banyak pemain yang paham cara kerja skill-nya, dia juga memiliki mekanik baru dalam skill Shadow Realm yang bikin dia untargetable. Berbeda dengan ghost form yang anti-hit atau BKB yang kasih efek spell immune, Untargetable ini tidak bisa diapa-apakan kecuali kalian stun dengan ground target skill seperti stun Slardar atau Centaur. Itu pun cuma menghentikan pergerakan saja dan tidak mengakibatkan kerusakan.

Skill disable Dark Willow cukup lengkap (ada stun, root, AOE, dengan CD relatif sebentar) plus damage cukup perih. Belum lagi tambahan ultimate-nya yang rusuh dan talent tree yang bagus-bagus. Tidak aneh kalau banyak pemain pro yang kesal menghadapi hero ini. Dengan mengantongi winrate 47,66% dan 42% pick rate membuat Dark Willow bakalan jadi pubstomper yang patut diwaspadai. Semenjak hero ini keluar, banyak pemain yang merasa hero ini lebih cocok menjadi core seperti mid atau carry. Potensi hero ini begitu baik di midlane dan cenderung lebih tahan terhadap harassment maupun gank berkat Shadow Realm. Namun ternyata potensi Dark Willow menjadi support jauh lebih bagus. Ketika menjadi roamer, dia mengantongi 54,81% tingkat kesuksesan dibanding safe lane (50%) dan mid (46%).

Fakta menarik lainnya, ternyata Dark Willow ini kurang efektif bila berhadapan dengan Pangolier. Berkat skill Rolling Thunder yang memberi efek anti-magic, Pangolier bisa menyerang Dark Willow meskipun dilindungi berbagai skill disable-nya. Jadi, peringatan juga nih buat Dark Willow picker kalau hero ini terlalu magic oriented, dan tidak efektif dengan hero yang punya skill anti magic.

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Solo MMR
1 Secret.MidOne.U赢电竞
2 PSG.LGD.Ameame
3 Hubert
4 EG.rtz.地点
5 Seraph
6 Fnatic.Abed.Rivalry.gg
7 Karolina2012
8 Tigers.k`wonderkid.Eunex
9 BOOM._Mikoto_
10 WG.Unity.NothingToSay
1 CDEC.Xm
2 Serenity.zhizhizhi
3 vtFαded.謎夢
4 EHOME.ASD
5 DBG.Ms
6 anaapple
7 Chaoyue
8 EHOME.eGo
9 圣子华炼
10 RNG.Monet
1 Sh
2 VP.No[o]ne-
3 Alliance.Boxi.GGBET
4 VP.RAMZeS666.Olesya
5 coL.Limmp
6 Afk20.tw.tv/ark_dota
7 Espada.iLTW
8 Loc Doc
9 Liquid.Miracle-
10 Na`Vi.SoNNeikO.GG.BET
1 Bx.Kōtarō
2 $$$$.As . vanN
3 Bx.kingteka.XO~ToUr-liFe
4 Infamous.Timado
5 k1
6 vK.Lanaro
7 TEAMTEAM.Ryoya
8 coL.EternaLEnVy
9 007
10 Infamous.Scofield
1 Tigers.k`wonderkid.Eunex
2 BOOM._Mikoto_
3 BOOM.Fbz
4 Tigers.Xepher.Eunex
5 JG.lawlesshy^
6 RR.QEON.♥RusmαÑ -奎因?
7 BrX.Azur4.PREDATOR
8 AlterEgo..
9 RR.QEON.Yabby.c
10 RR.QEON.R7
Team MMR
1 Team Secret 1559
2 OG 1550
3 Virtus.pro 1528
4 PSG.LGD 1511
5 Team Liquid 1499
6 VGJ Storm 1450
7 Evil Geniuses 1431
8 Unknown 1429
9 Team NP 1401
10 Vici Gaming 1390