Esports.ID

Lolos TI9 Jalur Instan, Newbee Ciduk Roster Forward Gaming

Billy
25/07/2019 10:03 WIB
Lolos TI9 Jalur Instan, Newbee Ciduk Roster Forward Gaming
vpesports

Akhirnya, para punggawa 'buangan' Forward Gaming menemukan tempat baru untuk bernaung. Mereka kini diakuisisi oleh organisasi asal Cina, Newbee untuk jalani event The International 2019.

Sebelumnya kita ketahui bahwa tim Forward Gaming lolos ke The International 2019 namun mengalami krisis keuangan. Alhasil, organisasi ini membubarkan diri karena tak mampu menyanggupi kewajiban seperti bayar gaji bulanan, dan lain-lain.

Para pemain beserta jajaran tim seperti pelatih dan manajer terombang-ambing tanpa kepastian menjelang TI. Untungnya Newbee melihat kesempatan ini sebagai cara mereka tetap eksis di persilatan DOTA 2.

Sejatinya, Newbee punya reputasi sebagai juara TI 2014, dan runner-up di tahun 2017. Namun, musim ini mereka gagal berpartisipasi karena tak miliki poin Pro Circuit yang cukup dan kandas di kualifikasi. Ternyata masih ada cara lain bagi mereka untuk ikut TI9, yakni mencaplok tim tanpa naungan sebagai sponsor.

Sebenarnya bukan hal baru di DOTA 2, pemain yang punya organisasi tiba-tiba dilepas begitu saja. Sistem kontrak di titel esports ini cukup fleksibel atau lebih tepatnya asal jadi. Tim seperti Newbee juga bisa saja tiba-tiba mensponsori tim lain untuk tampil di event tertentu.

Kerberhasilan Newbee menciduk eks-Forward diduga terjalin berkat koneksi sang manajer, KBBQ. Banyak yang mengira bahwa akan ada tim NA lain yang tertarik menampung CCnC, PieLieDie, Yawar, Sneyking, dan MSS. 

Newbee pun sepertinya hanya mensponsori untuk event TI9 dan tak akan meneruskan kerjasama ini setelah acara usai, berapapun posisi akhir yang diraih. Tim ini pun tak cukup meyakinkan bisa finish 8 besar. Tapi bila mengingat kelamnya sistem manajemen tim Cina, kayaknya bakal ada drama lanjutan seusai The International 2019, antara Newbee dan eks-Forward Gaming.

Semoga CCnC dan kawan-kawan ga makin dikadalin yah sama tim barunya.