First Warriors

Riot dan Tencent Garap League of Legends Mobile

Meneketehe
23/05/2019 09:42 WIB
Riot dan Tencent Garap League of Legends Mobile
Lama Dinantikan, Bisakah Lebih Populer?

Riot Games dan Tencent Games kini mulai terbuka dan ungkap proyek besar yang 'sebenarnya' bakal dilepas ke pasar. Jadi, bila sebelumnya, mereka dikabarkan tengah gencar mempromosikan King of Glory (HoK, atau AOV di Indonesia) untuk global, maka kini sudah dipastikan bahwa produk anyarnya adalah League of Legends versi mobile!

Sepertinya perseteruan lama antara kedua perusahaan pengembang gim ini telah reda seiring waktu berlalu. Keduanya pernah bersitegang perihal pembuatan versi MOBA di smartphone yang memakai IP milik Riot Games, namun ditolak oleh sang pengembang yang akhirnya berujung peluncuran King of Glory dari Tencent.

Berdasarkan pemberitaan dari Reuters dan Kotaku, Riot Games dan Tencent Games kini bekerjasama untuk menggarap versi mobile dari League of Legends. Kalau dulu alasan penolakan Riot Games karena mereka tidak yakin pengalaman bermain LoL dapat direplikasi ke platform mobile. Maka kini versi mobile-nya pun tetap tanpa fitur crossplay, yang berarti pemain lama LoL harus bermain dari nol lagi.

Rincian lain yang sudah dipaparkan oleh Riot Games yakni versi LoL mobile ini hanya memasukkan sebagian kecil pilihan hero dari versi PC-nya, serta opsi Runes yang berbeda. Meski sebagian fitur akan disesuaikan agar bisa nyaman dimainkan di smartphone, namun dari segi eksternal bakal serupa, misalnya map Summoner's Rift, yang identik LoL banget.

Ada anggapan lain bahwa langkah yang diambil oleh Tencent Games ini adalah untuk menjangkau fans gamer mobile di ranah Asia yang lebih condong pada akses mudah untuk gim-gim dari platform mobile. Sebaliknya, mayoritas gamer LoL sekarang yang berada di region Eropa dan Amerika kurang suka main di smartphone mereka. Jadi, demi meraup pasar keseluruhan, harus ada IP League of Legends yang sukses di pasar Asia.

Pasar gim mobile di dunia telah menyerap sekitar 50% dari total pendapatan industri gim secara global di tahun lalu yang mencapai angka 137 milyar dolar AS (menurut Newzoo). Menilik rentang waktu beredarnya rumor pertama menyoal penggarapan versi LoL mobile ini yang sudah cukup lama, dan konsep permainannya tidak jauh berbeda dari versi PC-nya, maka bisa diperkirakan bahwa perilisan gim ini sudah tidak lama lagi.

Apakah Sobat Esports juga sudah tak sabar untuk memainkannya?