Esports.ID

Alisports Resmikan Pelaksanaan WESG 2018 di Kuala Lumpur

MalZaHar
01/07/2018 13:44 WIB
Alisports Resmikan Pelaksanaan WESG 2018 di Kuala Lumpur
AirAsia Turut Sponsori World Electronic Sports Games

Seakan belum lama rampung beberapa bulan lalu, kini Alisports (anak perusahaan dari perusahaan media terbesar di Cina, Alibaba) sudah siap menggelar rangkaian kegiatan menjelang World Electronic Sports Games 2018!

Berkaca dari pelaksanaan tahun sebelumnya, yang sebenarnya baru saja usai bulan Maret silam, WESG telah diikuti lebih dari 68.000 gamer seluruh dunia. Para gamer akan bertanding untuk mewakili negaranya masing-masing, untuk mencari wakil-wakil terbaik dari cabang-cabang seperti DOTA 2, StarCraft II, CS:GO, Hearthstone, Vainglory, dan PES (dua game terakhir masih berstatus ekshibisi di tahun 2017).


Tahun 2017, PES masih ekshibisi. Kini saatnya podium juara?

WESG memang digadang-gadang sebagai layaknya 'Olimpiade eSports' (setidaknya sampai Olimpiade 2024), yang mempertemukan atlet terbaik dari semua negara di dunia untuk bertanding dalam berbagai cabang game. Dan kini sepertinya Alisports mencurahkan perhatian lebih banyak pada potensi perkembangan eSports di ranah Asia Tenggara, buktinya dengan gelar acara peluncuran WESG 2018 di Kuala Lumpur.

"WESG telah menarik perhatian dunia selama dua tahun pelaksanaannya, dan suatu kehormatan bisa berpartner dengan AirAsia untuk mendukung WESG musim 2018-2019," ungkap Zhang Dazhong, CEO Alisports. "AirAsia yang selalu suportif dengan olahraga tradisional, kini telah memulai lembaran baru untuk ambil bagian dari eSports melalui gelaran WESG."

Pihak Alisports sendiri mengakui bahwa dalam dua kali pelaksanaan WESG sebelumnya, para player dari region Asia Tenggara seperti Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Indonesia, dan lainnya berhasil mengukir prestasi membanggakan, terutama di cabang DOTA 2 dan Hearthstone.

Sebagaimana tertuang dalam situs resminya, AirAsia mengungkap bahwa bentuk dukungan yang akan mereka berikan mencakup jasa penerbangan, promosi pemberitaan, serta dana segar untuk total hadiahnya.

"ASEAN merupakan salah satu region dengan pertumbuhan paling pesat di dunia, yang memiliki 9,3 juta fans, dan diperkirakan untuk terus bertambah 36.1% setiap tahunnya, hingga tahun 2019," papar Datuk Kamarudin Meranun, selaku CEO of AirAsiaX & Executive Chairman of AirAsia Group Berhad. "Sebagai perusahaan digital yang inovatif, kamu sangat senang jadi sponsor resmi (WESG - red) dan berkontribusi pada bidang eSports dengan mendukung para atlet dan gamer pro dari Asia Tenggara untuk bertanding dalam turnamen global."

Catatan lainnya, WESG 2018 bakal menghadirkan 6 cabang game resmi, dengan menghadirkan peserta dari 206 negara dan regional (sebelumnya hanya 126 total negara peserta), untuk mengikuti rangkaian turnamen yang mencakup kurang lebih 25 turnamen offline di berbagai negara.

Terkait pelaksanaan kualifikasi regional Asia Tenggara, pendaftaran secara resmi telah dibuka, mulai tanggal 1 Juni hingga 31 Juli 2018. Masing-masing dari ke-10 negara peserta WESG ASEAN bakal menggelar kualifikasi online, yang kemudian disusul perhelatan national finals (LAN), antara tanggal 1 Agustus - 30 September 2018.

Sementara itu, fase ASEAN Regional Grand Finals telah dijadwalkan akan berlangsung di bulan November. Dan, puncaknya adalah pelaksanaan WESG Global Finals, di bulan Maret mendatang. Info lebih lanjut, bisa dipantau pada situs resminya, DI SINI.