Esports.ID

Penuh Tekanan, Geguri Tetap Tampil di Overwatch League

Rendy Lim
28/03/2018 15:04 WIB
Penuh Tekanan, Geguri Tetap Tampil di Overwatch League
Espn

Kim ‘Geguri’ Se-yeon, hadir pertama kali di Blizzard Arena hari Jumat lalu untuk menonton timnya Shanghai Dragons yang sedang bertanding dengan London Spitfire saat itu.

Pada sesi wawancaranya, perempuan berusia 18 tahun ini tampak kelelahan dan cenderung diam. Perjalanan yang panjang dari Korea ke AS serta keterbatasan bahasa membuat pemain Shanghai Dragons serta perempuan pertama di Overwatch League ini menjawab pertanyaan yang dilontarkan kepadanya dengan singkat dan seringkali menundukkan pandangannya.

“I’m finally here” ucap dirinya melalui translator. Sosok Geguri sangat mencuri perhatian Overwatch League, karena debutnya akan memberikan perubahan besar kepada Overwatch League sebagai wanita pertama yang bermain di sana.

Namun bagi Geguri, hal tersebut tidaklah nyaman baginya…

Pada awal debutnya ditahun 2016, Geguri pernah terkena kasus yang mengatakan dirinya melakukan cheating saat bermain hero favoritnya Zarya. Tuduan cheating tersebut berhasil membuat dirinya langsung terkenal diseluruh kalangan Overwatch di seluruh dunia apalagi setelah membuktikan bahwa skill yang dimilikinya adalah murni 100%, bukan berasal dari program cheat.

Pertama kali bermain di tim ROX Orcas dalam Overwatch APEX dan kemudian Shanghai Dragons, Geguri dipandang sebagai ‘standar’ tidak hanya untuk pemain perempuan di Overwatch namun eSports secara general.

“Menjadi icon atau dikenal banyak orang karena aku perempuan, aku sangat bersyukur” Ungkap Geguri “Namun, aku benar-benar tidak punya pikiran seperti itu, aku tidak ingin dikenal seperti itu”.

Masuk ke dunia eSports serta Overwatch League yang didominasi oleh laki-laki membuat Geguri berada diposisi yang tidak enak. Hal ini membuatnya digambarkan sebagai sebuah sosok yang selalu dikaitkan dengan sebutan ‘Perempuan pertama dalam Overwatch League’. Desakan dan harapan tinggi membuat dirinya cukup merasa tertekan.

“Aku merasakan tekanan yang sangat berat di sini” Sebut Geguri “Aku mengerti bahwa mereka membawa aku dan anggota lainnya masuk ke dalam tim sehingga tim ini bisa berkembang dan  memperoleh kemenangan. Dan jika tidak berhasil, aku rasa akan ada banyak reaksi yang datang akibat hal tersebut”.

Namun Geguri tetap optimis untuk memberikan kemampuan terbaik pada debutnya. “Walaupun itu akan menjadi game pertamaku, aku akan menganggapnya seperti yang terakhir” tutur Geguri menutup wawacara tersebut.

Sobat eSports, apakah debut Geguri adalah salah satu yang kalian tunggu-tunggu dalam Overwatch League juga? Bagaimana pendapatmu tentang Geguri?