IESF

J.League Gandeng KONAMI Gagas Liga Esports PES Mobile

MalZaHar
04/03/2019 14:22 WIB
J.League Gandeng KONAMI Gagas Liga Esports PES Mobile
Negara Marak Galang Tim Sepakbola Berkompetisi 'Digital'

Hari Jumat (1/3) kemarin, jadi hari bersejarah bagi komunitas gamer Pro Evolution Soccer (Winning Eleven) di Jepang. KONAMI Digital Entertainment Co. dan J.League merilis pengumuman akan hadirnya kompetisi liga esports untuk PES Mobile.

KONAMI, sebagai perusahaan pengembang gim simulasi olahraga Pro Evolution Soccer (PES), seakan mau turut bersaing dengan kompetitornya, EA Sports yang sukses dengan gelaran Global Series Playoff (Road to FIFA eWorld Cup).

Kini, berkat dukungan dari J.League, yang merupakan liga sepakbola profesional di Jepang, KONAMI sudah mencetuskan adanya liga esports yang berbasis pada klub-klub sepakbola lokal. Secara khusus, sebanyak 40 klub peserta dari Divisi J1 dan J2 wajib memilih tiga gamer untuk berkompetisi gim PES 2019, versi mobile.


Liga PES Mobile Hadir di Jepang!

Uniknya, liga esports ini hanya akan berlangsung dua hari, 14 - 15 Juli 2019. Sementara babak kualifikasinya bakal dimulai tanggal 22 Maret mendatang. Terlebih lagi, info ini dirilis hanya berjarak satu minggu setelah kompetisi reguler dari kedua divisi liga sepakbola di Jepang tersebut baru berjalan.

"Esports dinikmati oleh banyak orang dari berbagai generasi, baik pria maupun perempuan, bahkan para penyandang disabilitas," ungkap Mitsuru Murai, selaku Chairman of J.League, dilansir dari Japan Times. "Ini adalah cara efektif untuk menarik minat terhadap sepakbola."


Mitsuru Murai (Kiri) dan Hideki Hayakawa, President of KONAMI (Kanan) I Japan Times

Pro Evolution Soccer (PES) merupakan gim simulasi olahraga sepakbola yang populer di dunia, dan usung nama Winning Eleven untuk penyebarannya di Jepang. Sangat digemari khususnya bagi gamer-gamer pecinta olahraga kulit bundar di benua Asia. Terbukti dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta, Agustus silam, PES juga turut hadir sebagai cabang olahraga ekshibisi (Demonstration Sports).

Langkah ini, kolaborasi J.League bersama KONAMI, juga kian menegaskan bahwa ke depannya persaingan gamer PES (dan juga FIFA, di lain sisi) yang mewakili klub sepakbola profesional bakal semakin marak serta masif.


Atlet esports bertanding di Asian Games 2018

Apakah ini juga akan singgah ke Indonesia? Kita tunggu saja kiprah pemain-pemain PES Indonesia, yang baru saja merengguh prestasi membanggakan untuk terus gaungkan nama bangsa ke kancah global ke depannya!