Esports.ID

Baru Main PUBG? Kuasai Guide Esensial Biar Ngga Bingung Part 2

Billy
05/06/2018 15:40 WIB
Baru Main PUBG? Kuasai Guide Esensial Biar Ngga Bingung Part 2
Eurogamer

Melanjutkan tips dan guide PUBG dari artikel sebelumnya, kali ini ada lebih banyak tips untuk kalian survivor pemula supaya bisa chicken dinner lebih mudah. Pastikan kalian telah memahami dan mempelajari tips pertama, namun tips kedua ini tak kalah penting untuk kalian terapkan di medan pertempuran nanti. Apa aja sih? Simak tipsnya berikut ini..

  1. Ada Kendaraan, Pahami Bahaya dan Manfaat Berkendara

Kebanyakan kita akan bermain dengan berjalan kaki untuk bertahan hidup, namun menemukan kendaraan juga berfungsi besar untuk keuntungan strategis kalian. Namun waspadai bahwa suara dari kendaraan mengundang perhatian dan suara bising yang sangat besar sehingga posisi kalian bisa diketahui cukup mudah oleh lawan.

Kendaraan lebih menguntungkan bila kalian temukan diawal permainan ketika lawan belum mendapatkan gear yang begitu mematikan. Gunakan kendaraan untuk berpindah ke tempat paling strategis dalam map atau lokasi yang diinginkan secara cepat dan buatlah pertahanan sesegera mungkin. Namun hindari berkendara secara lengah karena kalian bisa jadi berondongan tembakan lawan yang bersembunyi.

  1. Punya Armor Level Tinggi Tapi Rusak, Buang atau Jangan?

Kalian mungkin sayang dengan perlengkapan yang memiliki level tinggi karena sulit ditemukan, namun apa gunanya bila gear tersebut sudah usang dan tak berfungsi maksimal. Lebih baik memiliki armor dengan level kecil yang melindungi 100% dibanding armor level tinggi namun sudah berkurang kemampuannya

  1. Hindari Jembatan

Jembatan adalah killing spot yang paling berbahaya. Melaluinya lewat jalan sama saja menyerahkan dirimu untuk mati karena akan selalu ada, dan harus kalian pahami bahwa akan selalu ada orang menanti di jembatan. Jadi jika kalian benar-benar harus melalui itu, cari cara lain seperti berenang, menggunakan kapal atau lebih mudah, tiba disana lebih dulu.

  1. Terus Bergerak Bahkan Ketika Looting

Tak ada yang tahu posisi lawan ketika bermain PUBG. Dengan sense dan kewaspadaan tinggi, kalian musti terapkan itu bahkan ketika melakukan looting. Caranya, bergerak ke kiri kanan atau jongkok berdiri ketika mengais item dengan tujuan menghindari lawan yang mencoba menembakmu, setidaknya mencegah ia mengarah headshot dengan mudah.

  1. Manfaatkan Fitur “Nyender”

Salah satu fitur menembak dalam PUBG adalah bersandar ke kiri atau kanan menggunakan tombol “Q” dan “E”. Pergerakan ini berfungsi untuk memantau situasi sekaligus menembak tanpa memperlihatkan banyak bagian tubuhmu. Beberapa pemain profesional bahkan melakukan pergerakan ini ketika terlibat baku tembak langsung agar lebih sulit diarah lawan.

  1. Gunakan Shortcut untuk Memakai Healing Items

Proses ini akan mempercepat manuver kalian dan tak kelimpungan dalam keadaan terdesak. Secara default, item healing akan terpatri ditombol “7”, “8”, “9” dan “0”. Dengan ini, kalian tak perlu membuka inventory.

  1. Lempar Granat Dengan Ayunan ke Bawah Untuk Ledakan Tak Terduga

Selain bisa melempar granat secara jauh dengan mengangkat tangan, dalam PUBG, kalian juga bisa menggelontorkan granat agar lebih presisi untuk keperluan penyergapan. Caranya adalah meng-equip granat, tekan dan tahan left mouse lalu lempar dengan klik kanan.

  1. Belajar Cara Bertarung yang Baik

Ketika kalian sudah mendekati kemenangan dan hanya tersisa beberapa penyintas untuk dihabisi, memutar dan mencoba mengendap adalah cara yang baik, tapi tidak membantu kalian untuk mejamin chicken dinner. Cara terbaik adalah berlatih dengan terjun ke lokasi yang ramai, berjibaku disana dan belajar cara terbaik untuk menembak dan hidup, maka kalian akan lebih tenang memasuki akhir pertandingan.

  1. Cara Bersembunyi Dari Pertempuran yang Disarankan

Jadi kalian benar-benar pengecut dan hanya ingin muncul untuk saat-saat terakhir? Tak masalah, bersembunyi di wilayah pantai dengan perahu mungkin bisa menjadi strategi kalian. Begitu juga dibalik celah jurang yang biasanya tak banyak diperhatikan orang. Kalian hanya harus berhati-hati agar tak terjebak. Bersembunyi dekat dengan perahu juga memungkinkan kalian berpindah dengan cepat dan menghindari pertempuran di wilayah konflik di darat.

  1. Cara Memukul Efektif

Ketika hanya tersisa kepal tangan kalian, maka cobalah memukul sembari meloncat karena meningkatkan kesempatan untuk mendaratkan headshot. Dan ya, pukulan tangan ke arah kepala memberi lebih banyak kerusakan.

  1. Jangan Hindari Pertempuran Tangan Kosong

Bila ada yang mengajakmu duel, jangan gentar meski kalian terkena serangan lebih dulu. Tetap tenang dan coba arahkan pukulan kalian ke kepala karena dengan satu atau dua pukulan mungkin situasi akan berbalik.

  1. Hindari Pertempuran Kecuali Memang Harus

Untuk menang dalam PUBG, aturan bakunya adalah game ini bukan tentang kill, namun bertahan selama mungkin. Jadi, hindari pertempuran bahkan menambakan senjata walau hanya satu peluru bila tidak perlu. Meskipun kalian mampu menembak, tapi bila kalian tak mampu membunuh kalian tak perlu menembakan senjata kecuali bila kalian ingin lawan mengetahui posisi kalian.

  1. Jangan Kuatir Meski Gear Kalian Sederhana

Tak memiliki equipment terbaik di awal pertandingan mungkin menggerus optimisme kalian untuk menang. Tapi jangan kuatir, PUBG adalah game yang menguji tingkat adaptasi kalian sebagai gamer. Kenali senjata kalian dan tentukan strategi terbaik. Bila kalian hanya memiliki SMG atau Shotgun, pergilah mencari bangunan dan bertahan disana sembari menanti mangsa masuk. Kedua senjata tersebut mematikan dalam jarak terbatas dan sangat cocok untuk pertempuran dalam bangunan.

Bila kalian hanya memiliki scope dan Crossbow, jangan berkecil hati, cari dataran tinggi untuk mengintai dan membunuh musuh dari kejauhan. Ingat, kalian hanya membutuhkan satu loot untuk merubah nasib dari tak berdaya menjadi juara.

  1. Gunakan Unsur Kejutan

Bersembunyi di bilik kayu bukanlah tempat terbaik karena bisa ditembus peluru. Bila kalian terpaksa terjebak disalah satunya dan menemukan ada musuh berlalu lalang, tak ada salahnya kalian menembak dari dalam bilik tersebut daripada menunggu musuh untuk melempar granat atau menembak kalian lebih dulu.

  1. Manfaatkan Consumable untuk Situasi Genting

Kalian menyadari ada baku tembak mengarah ke lokasi kalian atau ingin menghindari area terbuka dengan cepat, segera konsumsi Painkillers atau Energy Drink karena memberikan “boost” agar kalian bergerak lebih gesit.