LA Bolds Main

Kecanduan PUBG Akibatkan Stroke Bagi Remaja di India

Rendy Lim
05/09/2019 10:55 WIB
Kecanduan PUBG Akibatkan Stroke Bagi Remaja di India
Selain Stroke, Anak Tersebut Alami Malnutrisi dan Dehidrasi

Kecanduan bermain gim memang harus diakui sebagai permasalahan yang serius. Tak hanya berdampak pada kehidupan sosial, namun menghabiskan waktu berlebihan untuk gim juga berdampak besar pada kesehatan.

Tak heran jika World Health Organization telah mengklasifikasi Internet Gaming Disorder sebagai penyakit. Seperti yang dituturkan oleh WHO tentang mereka yang mengalami kecanduan gim akan melupakan kewajibannya, mengabaikan kesehatan, serta lingkungan sekitarnya, hal ini persis terjadi baru-baru ini di India, negara yang memang kerap cuatkan masalah sosial seputar kebiasaan bermain PUBG di sana. 

Kecanduan PUBG, remaja di India mengalami stroke

Berdasarkan pemberitaan dari media lokal, gamer remaja berusia 19 tahun asal Wanaparthy dilarikan ke ICU, dan hasil diagnosa dokter menyebutkan dirinya mengalami pembekuan darah di otak (thrombosis) serta penurunan berat badan, malnutrisi, hingga dehidrasi. Tidak hanya itu, dokter juga mengatakan bahwa remaja tersebut mengalami mental stress akibat kompetisi gim.

Saat pertama kali sampai di rumah sakit, remaja ini mengaku tidak bisa menggerakkan lengan dan kaki sebelah kanannya. Penuturan dari dokter saraf, Dr K Vinod Kumar, terjadi penggumpalan darah pada pembuluh vena di otaknya karena terlalu fokus bermain gim dan lupa untuk mengkonsumi makan ataupun minum, plus pola tidur yang tidak teratur. 

Sehari sebelumnya, remaja ini mengaku mengalami sakit kepala dan muntah-muntah. Dalam jangka waktu sebulan terakhir, remaja ini bermain PUBG hingga 6-7 jam setiap harinya dan mengalami penurunan berat badan 3-4 kg.

Selain pengakuan dari sang anak, ibu dari remaja ini mengatakan pula bahwa anaknya selalu bermain dari larut malam hingga pagi, sampai mengabaikan segala hal termasuk makan dan lebih memilih bermain PUBG sepanjang hari saat liburan.

Untungnya remaja ini bisa diobati dengan segera dan kini telah pulang dari rumah sakit. Bagaimanapun, kontrol atas waktu bermain sangat penting agar kamu dapat terhindar dari kejadian-kejadian seperti ini. Bermain gim memang dapat menjadi sarana untuk melepas stres dan mengisi waktu luang. Namun, bermain dengan bijak juga penting agar gim tidak menganggu kesehatan serta kewajibanmu sehari-hari.

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, apakah kamu juga memiliki jam bermain yang tidak teratur?