IES Ligagame

Dua Tahun Rilis, PUBG Mobile Raup 21 Triliun Rupiah!

Eric Soejatno
17/12/2019 11:59 WIB
Dua Tahun Rilis, PUBG Mobile Raup 21 Triliun Rupiah!
Sejak Dirilis, PUBG Mobile Sukses Mendulang Laba Besar

Dirilis dari Februari 2018, PUBG Mobile berkembang pesat menjadi salah satu game mobile battle royale yang populer di dunia. Baru-baru ini, mereka tercatat berhasil meraih pendapatan US$1,5 miliar (sekitar Rp21 triliun) berdasarkan laporan Sensor Tower.

Pemasukan PUBG Mobile meningkat drastis dari kuartal kedua 2018, dengan perolehan mencapai U$20 juta (ketika Royale Pass diluncurkan untuk pertama kali) menjadi US$496 juta memasuki kuartal ketiga 2019.

Berbeda dengan negara-negara lain, Tencent rilis gim yang hampir sama dengan PUBG Mobile di Tiongkok, yaitu Game For Peace pada bulan Mei 2019. Meski begitu, Tencent masih meraih pendapatan fantastis yaitu US$614 miliar, atau sekitar dari 40 persen pendapatan yang disumbangkan dari Negara Tirai Bambu tersebut. Pemasukan PUBG Mobile juga datang dari Amerika Serikat yang menyumbangkan US$293 juta dan Jepang dengan US$117 juta.

Saat ini, PUBG Mobile telah diunduh lebih dari 600 juta pemain di seluruh dunia. India menjadi negara yang paling banyak mengunduh PUBG Mobile dengan total 116 juta unduhan. Sedangkan Tiongkok menjadi negara terbanyak kedua dengan total 108 juta unduhan, dan selanjutnya Amerika Serikat dengan unduhan terbanyak dengan total 42 juta.

Raihan pendapatan PUBG Mobile berbanding jauh dari kompetitornya. Contohnya, Knives Out yang populer di Jepang dengan total pendapatan hingga US$915 juta sejak rilis. Fortnite Mobile mengantongi total US$813 juta dari Apple App Store. Menariknya, Fortnite Mobile sampai saat ini belum dirilis via Google Play Store.

Bahkan memasuki 2020, Tencent selaku publisher dan developer PUBG Mobile akan mengadakan kompetisi bersifat liga yang menyediakan total hadiah mencapai US$5 juta, di mana semua kalangan mulai dari amatir, semi pro, sampai profesional bisa menanjak naik untuk kompetisi yang lebih tinggi.

Tidak hanya itu, berbagai update juga akan hadir di PUBGM seperti kehadiran grappling hooks dan mempunyai kemampuan sliding sambil menembak. Menarik ditunggu apakah update maupun kompetisi esports dari PUBG Mobile ke depannya bakal lebih menjamin laba yang jauh lebih besar dari sekarang!