Esports.ID

Prestasi Emas 'Scarlett' Ukir Sejarah di IEM Pyeongchang

Rendy Lim
12/02/2018 13:24 WIB
Prestasi Emas 'Scarlett' Ukir Sejarah di IEM Pyeongchang
Google Images

Selain menjadi salah satu atlet eSports perempuan yang mendapatkan raihan pendapatan tertinggi, Sasha ‘Scarlett’ Hostyn kini menambah koleksi gelar juaranya dengan sebuah titel turnamen StarCraft II Major di IEM Pyeongchang, Korea Selatan. Dirinya pun sekarang dinobatkan sebagai pemain kedua dari luar Korea yang berhasil menang pada ajang berstatus premier tournament yang berlangsung di Korea.

Scarlett berhasil melaju cukup mulus pada turnamen ini, hingga akhirnya harus tuntaskan pertandingan dengan lima game saat melawan Kim ‘sOs’ Yoo Jin, peraih dua gelar WCS Global Championship StarCraft II di Korea. Atlet eSports asal Kanada ini menunjukkan dominasinya dengan setup Zerg versus Protoss yang berikan keuntungan baginya hingga berhasil rombak ulang pertahanan sOs. Kemenangan pun menjadi milik Scarlett dengan skor akhir 4-1, serta membawa pulang hadiah uang sebesar US$50.000 (sekitar 714 juta rupiah).

Nominal hadiah untuk kemenangan kali ini mungkin akan terlihat sedikit jika dibandingkan dengan total pendapatan yang telah diperoleh Scarlett. Bahkan, bila dibandingkan dengan StarCraft II World Championship Series Final yang tebalkan dompet sang juara dengan nilai kocek sebesar US$280.000, maka sangat berbeda jauh. Namun, banyaknya isu gender yang 'mengecilkan' peran pemain perempuan dalam berkompetisi dengan laki-laki, tampilnya Scarlett di podium juara turnamen Major menjadi kemenangan besar bagi kaum wanita.

Berita kemenangan Scarlett ini juga menyambung kiprah atlet eSports wanita lainnya yang menonjol di kancah Overwatch League, yakni Kim ‘Geguri’ Se-yeon, sebagai sosok perempuan pertama yang berpartisipasi melalui tim Shanghai Dragons. Semakin banyaknya perempuan yang berpartisipasi dan berhasil menoreh kemenangan di turnamen eSports menunjukkan bahwa isu gender ini tidak lagi relevan, dan atlet wanita sama kompetitifnya dengan kaum pria!