Valve Rilis Aturan Baru CS:GO Ranking Points Serta Larang Online Coach

Rendy Lim
28/01/2021 11:20 WIB
Valve Rilis Aturan Baru CS:GO Ranking Points Serta Larang Online Coach
Gimana pendapat kalian soal aturan baru ini Sobat Esports?

Valve baru saja mengumumkan perubahan baru terhadap CS:GO Major Ranking Points. Hal ini tentunya akan berdampak pada Major CS:GO Stockholm yang rencananya berlangsung pada akhir November 2021. Ada 2 poin penting yang disampaikan oleh Valve melalui postingan blognya. 

Pertama adalah soal Major Ranking Points, di tahun 2021 ini poin tersebut akan di reset. Namun, tidak semua tim akan mengulang poin mereka dari nol. Setiap tim yang memiliki titel di region akan mendapatkan poin sesuai peringkat mereka. 

Yamisok Nobar

Tim yang menduduki peringkat Legends di region mereka akan mendapat 600 poin. Sementara Challengers akan mulai dengan 300 poin, sedangkan Contenders hanya mendapat 100 poin. Poin reset ini dilakukan Valve agar tim yang lebih kompetitif dapat ikut serta di Stockholm Major, serta menghitung seluruh transfer yang dilakukan pada 2020 kemarin. 

Pergantian pemain masih diperbolehkan Valve, namun tim yang mengeluarkan pemain akan terkena pinalti. Kedua, Valve melarang secara penuh partisipasi coach dalam kompetisi online. 

"Pada pertandingan online, hanya player yang diizinkan berada di dalam ruangan atau server. Tidak ada coach ataupun staff lainnya yang diisinkan berada di dalam ruangan, server, ataupun melakukan komunikasi dengan tim saat pertandingan online," tutur Valve dalam postingannya.

Peraturan di atas dibuat Valve untuk mencegah para coach memberi 'arahan' kepada timnya saat online match, yang hanya diperbolehkan saat turnamen LAN. Banyak yang menganggap ini merupakan reaksi keras Valve terhadap pemanfaatan spectator bug pada awal 2020 kemarin. 

Sebelumnya, para coach yang tertangkap menggunakan bug tersebut pada turnamen akan terkena banned dari Major, tergantung pada seberapa berat hukumannya. Variasi ban tersebut berkisar antara satu Major hingga seluruh CS:GO Major. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, apakah peraturan baru ini efektif untuk mengawali musim kompetitif CS:GO di tahun 2021?