[Review] WD_BLACK AN1500 NVMe, Performa Maksimal untuk Gaming!

Michael
29/01/2021 12:47 WIB
[Review] WD_BLACK AN1500 NVMe, Performa Maksimal untuk Gaming!
WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in Card

Kebutuhan akan storage yang besar dan cepat tentunya menjadi hal yang utama untuk gamer. Tren bergesernya penggunaan HDD menjadi SSD mulai meningkat seiring kebutuhan performa PC yang semakin tinggi.

Setelah edisi lalu kedatangan WD_BLACK SN850 NVMe SSD, kali ini tim Esports ID akan menjajal ketangguhan WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in Card, yang disebut-sebut sebagai SSD terbaik saat ini.

Sebelum membahas lebih jauh, kita lihat dulu spesifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in Card.

Fitur dan Spesifikasi WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in Card

Fitur:

Kecepatan Ekstrem Hingga 6500 MB/ detik
Didukung teknologi PCIe Gen 3, WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in Card diklaim mampu mencapai kecepatan baca hingga 6500 MB/detik dan tulis 4100 MB/detik.

Kapasitas Lebih Besar untuk Game
Fungsi utama SSD sebagai storage /penyimpanan dan berjalan lancer ketika dimainkan sudah tentu menjadi prioritas tim Western Digital. Dengan Add-in-Card WD_BLACKAN1500 NVMe SSD, memungkinkan gamer menghemat hingga 4TB.

PLUG DAN OUTPLAY
Kemudahaan pemasangan SSD WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in Card Add-In-Card yang dapat di-boot cukup terhubung ke slot ekspansi PCIe, tidak membutuhkan daya atau kabel eksternal. Dilengkapi dengan pengontrol RAID tingkat perusahaan, kartu tambahan plug and play ini dapat menjalankan seluruh sistem operasi saat bermain game.

Cahaya RGB yang Memukau
Bukan hanya peripheral gaming macam mouse, keyboard atau headset, WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in Card juga dilengkapi dengan cahaya RGB dengan 13 efek pola LED yang dapat sepenuhnya disesuaikan dan dikontrol melalui dashboard WD_Black.

Optimalisasi dengan Dashboard WD_BLACK

WD_BLACK Dashboard yang dapat diunduh, memungkinkan gamer untuk memantau performa drive-nya dan mengoptimalkan kinerja menggunakan mode permainan untuk memastikan kelancaran saat bermain game.

Spesifikasi
Capacities 4TB
Form Factor PCI Express Card
Dimensions (H x W x L) 13mm X 72mm X 176mm
Weight 0.21 kg (0.47 lb)
Operating Temperature 5°C to 35°C
Non-operating Temperature -20°C to 65°C
Interface PCIe Gen3 x8
Power Consumption Read Up to (Active) (W) 15.7
Power Consumption Write Up to (Active) (W) 12.8
Power Consumption Up to (Idle) (W) 8.5
Certifications FCC, CE, CB, UL
Limited Warranty 5 Years 

Lantas bagaimana ketangguhan SSD WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in Card? Langsung aja simak review tim Esports ID ya!

Sebelum mengulik lebih detail tim Esports ID mengingatkan, jangan lupa meng-install WD_BLACK Dashboard untuk mengoptimalkan kinerja SSD dan memantau kondisi kesehatan WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in Card.

Pemasangan WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in Card tergolong sangat mudah, proses Plug & Play sangat smooth dan tanpa hambatan sama sekali. Design yang dimiliki WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in Card terlihat kokoh dan sangat menarik. Selain itu, cahaya RGB yang dipancarkan cukup memukau dan bisa di-setting polanya sesuai keinginan.

Tim Esports ID pun mencoba performa WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in Card dalam 2 spesifikasi yang berbeda, yakni kelas menengah dan gaming PC.

Uniknya, meski di PC kelas menengah performa WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in Card tidak terlalu buruk. Kecepatan membaca 3534 MB/s dan tulis 3345 MB/s, bisa dibilang lumayan tinggi untuk ukuran PC kelas menengah.


Spek PC kelas menengah

Tak puas dengan hasil tersebut, tim kami pun mengadakan test ulang di PC Gaming yang biasa digunakan untuk streaming. Hasilnya performa WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in Card meningkat tajam! SSD canggih dari Western Digital ini mampu mencapai kecepatan baca 5779 MB/s, bahkan kemampuan tulisnya melebihi yang dijanjikan, yakni 4231 MB/s. Kecepatan baca tentu bukan tidak sesuai dengan yang dijanjikan, mengingat spec PC yang digunakan berbeda.

Bagaimana dengan kecepatan memindahkan data? Tim kami pun dibuat terkejut dengan prosesnya. Hanya membutuhkan waktu kurang dua menit untuk memindahkan data 40GB! Dengan kecepatan sekitar 500Mb/s membuat proses pemindahan data hanya sekejap.


Spek PC Gaming

Kesimpulan:

Selama proses review, kami belum menemukan kekurangan dari produk ini. Pemasangan yang mudah, bentuk yang kokoh dan cahaya RGB menjadi nilai positif selama persiapan proses review. Sedangkan performa WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in Card selama proses review sangat memuaskan. Produk ini layak jadi pilihan utama gamer yang memerlukan SSD dengan performa maksimal.

WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in Card akan tersedia dalam kapasitas 1TB, 2TB dan 4TB mulai dari Rp4.399.000. Apakah harga tersebut sebanding dengan performanya? Jawaban kami, IYA! Meski tergolong sedikit mahal, performa dan fitur yang ditawarkan SSD ini sangat memuaskan. Belum lagi Western Digital memberikan garansi selama 5 tahun untuk produk premium mereka ini.

Jadi, gimana Sobat Esports? Sudah siap mengganti HDD kalian ke WD_BLACK AN1500 NVMe SSD Add-in?