IES Ligagame

[Analisa Tim MPL S6] Persiapan EVOS Legends Hadapi Era Baru

Rendy Lim
10/08/2020 16:40 WIB
[Analisa Tim MPL S6] Persiapan EVOS Legends Hadapi Era Baru
Mampukah EVOS Legends mengungguli rivalnya di Season ini?

EVOS Legends menjadi salah satu tim yang aksinya paling ditunggu-tunggu pada setiap pertandingan Mobile Legends Pro League. Tak hanya punya fanbase yang besar, tim macan putih ini juga diperkuat pemain-pemain terbaik di scene Mobile Legends Indonesia bahkan dunia. Gelar juara MPL juga akhirnya di dapatkan EVOS pada musim keempat. Selain itu, mereka berhasil melengkapi kemenangan tersebut dengan menjuarai kompetisi dunia MLBB pertama, M1 Championship

Meski gagal mempertahankan gelar juaranya di musim kemarin, EVOS Legends tampak sudah siap untuk menghadapi MPL S6. Perombakan pemain yang cukup signifkan tak menghalangi rasa optimisme EVOS untuk kembali mengangkat trofi MPL ID. Bagaimana Sobat Esports, akankah musim ini kembali jadi masa kejayaan EVOS?

Rekap perjalanan EVOS Legends di MPL ID

EVOS Legends mengawali sepak terjangnya di MPL ID sejak season pertama. Awal mula EVOS terjun ke scene kompetitif Mobile Legends adalah saat mengakuisisi skuad Lord. Dari 9 pemain yang awalnya ada di skuad tersebut, hanya tersisa 6 yakni Oura, Donkey, JessNoLimit, IOS, KneEr, dan Oreo saat EVOS mengikuti gelaran MPL season pertama. 

Penampilannya juga terbilang cukup manis, menjadi salah satu tim jagoan kala itu, EVOS finish di peringkat runner-up setelah kalah melawan Team NXL di partai final. 

EVOS melaju ke musim kedua MPL ID dengan komposisi roster IOS, Oura, Emperor, JessNoLimit dan Marsha. Perjalanan mereka terhitung cukup baik di awal, bahkan mengamankan posisi upper bracket di playoff. EVOS sempat turun lower bracket setelah kalah melawan rivalnya RRQ di final upper bracket. 

Setelah menghempaskan ONIC 2-1, EVOS kembali menantang RRQ di grand final. Sayang, pertandingan final yang diprediksi bakal berlangsung ketat ini berakhir dengan kemenangan sempurna RRQ di skor 3-0. 

Musim ketiga MPL ID bisa dikatakan sebagai masa terburuk EVOS Legends untuk gelaran ini. Saat itu, EVOS Legends diperkuat oleh JessNoLimit, Afrindo 'G', REKT, Oura, Jiao, dan ListyChan ini terpukul ke lower bracket saat mengawali babak playoff. Ironisnya, EVOS Legends harus pulang di hari pertama playoff setelah tumbangkan oleh Alter Ego. 

JessNoLimit memutuskan untuk meninggalkan EVOS setelah musim ketiga MPL. Sebagai gantinya ada enam pemain baru yang masuk ke daftar roster tim macan putih ini untuk menghadapi MPL S4. Menariknya, Rekt, Donkey, Oura, Luminaire, Wann, Four (G), Vinss, Bajan, Zunz, dan Rexxy berhasil menghadirkan puncak kejayaan EVOS dengan memenangkan MPL S4 sekaligus M1 Championship. 

Setelah laga sengit el clasico antar EVOS Legends dan RRQ di final MPL S4 dan M1, persaingan kedua tim ini kembali panas memasuki musim kelima MPL ID. Tanpa sosok Oura, EVOS Legends masih kokoh dengan komposisi skuad yang tak berubah banyak yakni Rekt, Luminaire, Donkey, Wann, Bajan, Vinss, Rexxy, dan Butsss. 

Adu sengit kedua tim ini dari regular season hingga playoff akhirnya mempertemukan mereka di partai final. Sayangnya, EVOS Legends gagal mempertahankan gelar MPL nya dan menghadiahkan trofi kedua untuk sang raja, Rex Regum Qeon. 

Tanpa Luminaire dan Donkey, Ini Skuad EVOS untuk MPL S6

Setelah kepergian Oura pasca M1 Championship, kali ini skuad MLBB EVOS Legends kembali ditinggal pemain veterannya yakni Donkey dan Luminaire. Kehilangan dua pemain yang turut mengantarkan EVOS ke podium juara MPL dan M1 tentunya akan mempengaruhi 'terkaman' sang macan putih. 

Tidak hanya itu, Butsss dan Larajie, dua pemain muda ini juga harus berpisah dengan EVOS. Namun, tim ini cukup menambah satu pemain baru yakni Pendragon sebagai pengganti. Perannya sebagai offlaner sepertinya bakal memberikan angin baru di skuad EVOS Legends MPL S6. 

Saat ini, tercatat ada 7 pemain di roster MLBB EVOS Legends yang akan berlaga di MPL S6, mereka adalah: 

  • Zeys
  • R E K T
  • Rexxy
  • Wann
  • Bajan
  • Pendragon
  • Revicii

Zeys, sosok pelatih EVOS asal Singapura ini memang terjun menjadi pemain saat kompetisi MPLI dan Mytel. Sayang, penampilannya dinilai gagal bahkan berdampak penuh pada permainan EVOS secara keseluruhan. Dalam MPL S6 mendatang, Zeys mengungkapkan bahwa dirinya akan fokus untuk mengembangkan tim dan hanya mengurus hal-hal yang berkaitan dengan strategi serta draft. 

Kemampuan analisa dan strategi Zeys memang pantas diacungi jempol. Buktinya, ia berhasil membawa EVOS Legends menjuarai MPL S4 sekaligus M1 Championship secara berturut -turut. Kembalinya peran utama Zeys di season mendatang sepertinya akan menghadirkan performa terbaik EVOS. Bagaimana analisamu Sobat Esports?

Wann Bakal Kembali Jadi Bintang EVOS di MPL S6?

Sosok Wann sering dianggap sebagai kunci kemenangan di setiap pertandingan EVOS Legends. Wann yang kerap kali dipercayakan mengemban tugas sebagai seorang hyper carry ini tak pernah mengecewakan timnya. Tampil dengan gaya permainan yang agresif, torehan kill masif menjadi bukti kemampuan pemain bernama lengkap Muhammad Ridwan. 

Keberhasilan EVOS Legends saat menjuarai MPL S4 dan M1 tentu tak lepas dari peran seorang Wann. Kira-kira apakah musim ini Wann bakal kembali mengantarkan timnya untuk mengangkat trofi Mobile Legends Pro League S6

Potensi EVOS Legends di MPL S6

Dua turnamen sebelumnya yakni MPL Invitational dan Mytel International Championship setidaknya memberi sedikit gambaran tentang kekuatan tim EVOS pasca perombakan roster pemainnya. Walau takluk saat berhadapan dengan RRQ di MPL Invitational dan ONIC Esports di Mytel, EVOS masih dapat menunjukkan performa permainan yang baik tanpa kehadiran Donkey, Luminaire, Butsss, ataupun Larajie. 

Sedikit penyesuaian dan adaptasi pemain tampaknya cukup untuk menampilkan kemampuan tebaik EVOS Legends di Mobile Legends Pro League Season 6. Apakah musim ini bakal jadi milik EVOS Legends, Sobat Esports?